nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Halalbilahal MNC Group, Hary Tanoe: Satukan Visi Berkarya untuk Bangsa

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 22:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 02 337 1916926 halalbilahal-mnc-group-hary-tanoe-satukan-visi-berkarya-untuk-bangsa-kRFKSpqbK6.jpg Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo memberikan arahan dalam halalbihalal bersama 7.000 karyawan MNC Group (MNC Media)

JAKARTA - Segala sesuatu harus diawali dengan visi yang benar, tanpa visi yang benar kerja keras apa pun tidak akan maksimal. Hal tersebut diungkapkan oleh Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat memberikan arahan di halalbihal dengan 7.000 lebih karyawan MNC Group.

“Awali segala sesuatu dengan visi yang benar, pelaksanaannya berkualitas dan cepat dengan determinasi tinggi,” ungkap Hary Tanoe di halalbihalal berlangsung di area parkir Gedung MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (2/7/2018).

Pria asal Kota Pahlawan itu mencontohkan perjalanan almarhum Steve Jobs membangun perusahaan komputer pada era 1970-an. Saat itu, tak banyak perusahaan serupa sehingga perusahaan miliknya bisa tumbuh pesat.

Namun sepuluh tahun kemudian, lanjut Hary Tanoe, perusahaan pesaing mulai bermunculan dan Steve Jobs kesulitan bersaing. Dia pun sempat dipecat, namun akhirnya kembali dengan invovasi-inovasinya.

Pria berkacamata itu menggeser perusahaannya yang masuk ke red ocean, segera berubah haluan ke blue ocean, dimana persaingan masih sangat sedikit.

Steve Jobs melakukan inovasi dengan mengembangkan perusahaannya dari perusahaan komputer menjadi perusahaan yang menawarkan berbagai perangkat teknologi canggih.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat itu melanjutkan, mengimplementasikan visi yang benar harus berkualitas. Dengan spirit of excellent, fokus pada kualitas bukan kuantitas. Tidak berhenti sebelum memberikan kualitas terbaik. Kecepatan pun diperlukan agar hasilnya bisa maksimal. Sebab visi yang benar, kerja berkualitas namun tidak cepat di era saat ini hasilnya tidak akan maksimal.

Determinasi juga menjadi kunci, dengan determinasi tinggi mendapatkan power atau kekuatan yang berbeda hasil yang didapatkan bisa berbeda. Selain itu selalu action oriented bukan process oriented. Berfokus pada solusi bukan berputar-putar pada masalah. Menurutnya, banyak orang dan organisasi yang gagal karena fokusnya pada proses bukan hasil. Perusahaan yang berhasil selalu fokus pada action dan goal.

Pada kesempatan tersebut, Hary Tanoe berpesan kepada seluruh karyawan, apapun yang dilakukan bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi bagian dari upaya membangun Indonesia.

“Kita berkarya bukan hanya untuk diri kita atau organisasi kita, tapi juga ambil bagian semaksimal mungkin membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik,” terangnya.

Dalam konsitusi jelas tertulis, visi dibentuknya NKRI untuk menciptakan bangsa yang tidak hanya merdeka, namun juga bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Visi ini harus dipahami, dia pun mengajak seluruh pihak untuk menyatukan visi sesuai dengan konstitusi bekerja bersama untuk mencapai visi tersebut. Dengan landasannya Pancasila dengan lima silanya.

Selama ini MNC terus turun membantu masyarakat kurang mampu dengan berbagai program. Diantaranya program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan bedah rumah, bantuan kesehatan dan operasi gratis yang telah menjangkau lebih dari 700.000 pasien tidak mampu, membangun sarana prasarana umum, rumah ibadah, membangun jembatan, beasiswa pendidikan, dan masih banyak lagi.

Jika seluruh unsur masyarakat yang memiliki kapasitas berkontribusi positif bagi pembangunan, Indonesia diyakininya bisa cepat menjadi negara maju.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini