nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan Besok

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 13:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 02 340 1916611 pencarian-korban-km-sinar-bangun-dihentikan-besok-z2eZgnWqCu.jpg Pencarian korban KM Sinar Bangun. (Foto: Antara)

MEDAN - Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) memutuskan untuk menghentikan proses pencarian korban hilang Kapal Motor (KM) Sinar Bangun, yang tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara sejak 18 Juni 2018. Penghentian akan dilakukan Selasa 3 Juli 2018.

Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan mengatakan, penghentian pencarian korban dilakukan karena sulitnya medan untuk mengevakuasi para korban di dasar Danau Toba pada kedalaman lebih dari 450 meter.

Menurutnya, keputusan penghentian ini sudah dimusyawarahkan dengan keluarga korban. Keluarga korban pun sudah ikhlas menerima keputusan tersebut.

"Kita kemarin sudah ada musyawarah antara Tim SAR Gabungan, keluarga korban, yang dimotori Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih, bahwa korban sejumlah 164 orang itu akan diikhlaskan," kata Budiawan, Senin (2/7/2018).

Basarnas Putuskan Pencarian Korban KM Sinar Bangun Berakhir Selasa 3 Juli 2018

Usai dihentikan, lanjut Budiawan, keluarga korban penumpang KM Sinar Bangun beserta Basarnas, pemerintah setempat akan melakukan tabur bunga di lokasi tenggelamnya kapal di perairan Danau Toba.

"Jadi sudah ada kesepakatan pembuatan monumen tenggelamnya KM Sinar Bangun di Pelabuhan Tigaras dan juga pembuatan tanda di lokasi tenggelamnya kapal,"terangnya.

Sementara itu, di hari ke-15 pencarian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan juga mengunjungi wilayah perairan Danau Toba untuk turut melakukan tabur bunga.

"Hari ini juga kita kedatangan Menko Maritim, juga akan dilakukan tabur bunga di Danau Toba. Hari dan besok dilakukan tabur bunga. Besok hari ke-16 dan menjadi hari terakhir pencarian. Kalau untuk penutupan proses pencarian saya belum mengetahui pastinya," jelas Budiawan.

Doa Lintas Agama untuk Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Seperti diketahui data terakhir dari Basarnas, 24 orang korban KM Sinar Bangun berhasil ditemukan usai kapal itu tenggelam di perairan Danau Toba. Tiga di antaranya ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Selain korban yang berhasil ditemukan, masih ada 164 orang lainnya masih hilang. Mereka diduga terjebak di dalam kapal yang kini berada di dasar danau.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini