nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Evakuasi KM Sinar Bangun Dihentikan, Ratna Sarumpaet Ngamuk di Pelabuhan Tigaras

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 18:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 02 340 1916791 evakuasi-km-sinar-bangun-dihentikan-ratna-sarumpaet-ngamuk-di-pelabuhan-tigaras-Z7zoJooKbt.jpg Ratna Sarumpaet (foto: Okezone)

MEDAN - Aktifis, Ratna Sarumpaet mengamuk di Posko SAR Terpadu tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun, di Pelabuhan Tigaras, Sumatera Utara, Senin (2/7/2018) siang.

Ia marah dan berteriak-teriak kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, yang tengah bertemu dengan keluarga korban di posko tersebut. Hal itu dilakukannya karena ia menolak keputusan pemerintah yang menghentikan upaya pencarian.

"Semua mayat diangkat, baru boleh dihentikan.‎ Jangan ada berani menghentikan," teriak Ratna.

Ratna menegaskan, insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun bukanlah semata persoalan lokal di Tapanuli, bukan Lokal Indonesia. Namun merupakan persoalan Internasional, karena menyangkut masalah kemanusian.

"Saya bisa saja mengadu kepada Persatuan Bangsa-bangsa. Namun ini kan bisa dibicarakan secara baik-baik," tandas Ratna yang kesal setelah Luhut memerintahkan petugas membawanya dari luar posko.

 Danau

Ratna juga mencibir upaya pemerintah menyuap para korban dengan iming-iming santunan uang senilai Rp69 juta.

"Itu‎ gila nyawa orang, ada situ keluarganya mau dibayar Rp69 juta. Kemudian selesai, tidak bisa begitu," tutur Ratna.

Luhut sendiri sempat berbicara keras usai mendengar teriakan Ratna. Ia bahkan meminta agar Ratna tidak buat rusuh dalam posko tersebut.

 Danau

"Saya ngomong sama kamu nanti, bukan kamu prioritas utama. Prioritas pertama adalah rakyat ini. Jangan ngomong macam-macam sama saya," bentak Luhut.

Kemudian, Ratna diarahkan sejumlah petugas kepolisian untuk meninggalkan Posko Terpadu, agar cekcok mulut tidak berlanjut kembali. Namun, diluar Posko Ratna sang aktivis itu tetap berteriak-teriak.

 

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini