nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Bandara di Jatim Tutup Imbas Gunung Agung Meletus

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 07:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 03 340 1917017 2-bandara-di-jatim-tutup-imbas-gunung-agung-meletus-vrewf88AmX.jpg Hutan terbakar setelah Gunung Agung meletus disertai lava. Foto: Antara/Nyoman Budhiana

JAKARTA – Dua bandara di Jawa Timur, Bandara Blimbing Sari di Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro Jember ditutup dampak sebaran debu vulkanik erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali.

Notice to Airmen (Notam) atau Informasi-informasi yang baru dan mengenai keadaan, perubahan atau situasi suatu bandara udara kedua bandara tersebut telah dikeluarkan terkait dengan erupsi Gunung Agung. Notam dikeluarkan oleh Kemenhub

Pusat Vulkanolgi, Mitigasi, Geologi mencatat (PVMG), Gunung Agung kembali erupsi selama 7 menit pada Selasa, (3/7/2018) pagi, pukul 04.13 Wita dengan kolom abu vulkanik 2.000 meter.

Foto/Antara 

Kolom abu berwarna putih kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini dengan amplitudo maksimum 21 mm. Hujan abu lokal.

Sebelumnya, Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Senin pukul 21.04 Wita, melontarkan lava pijar yang keluar dari kawah gunung itu hingga sejauh 1,5 kilometer.

Suara gemuruh sesekali terdengar dari gunung itu sejak pukul 17.00 WITA, namun tidak ada tanda-tanda akan mengeluarkan lava pijar, kecuali asap tipis hingga tebal yang berwarna putih hingga kelabu yang keluar dalam selang waktu tertentu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini