nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Serahkan 12 Kendaraan Elektrifikasi ke Kemenperin

Mufrod, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 18:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 04 15 1917899

JAKARTA – Sebanyak 12 unit kendaraan elektrifikasi diserahkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kementerian Perindustrian RI. Jajaran unit tersebut akan digunakan untuk penelitian yang dilakukan Kemenperin dengan 6 Universitas di Indonesia.

Mobil tersebut yang terdiri dari 6 unit Toyota Prius, 6 unit Toyota Prius Prime (Plug-in Hybrid) secara bergilir akan menjadi unit riset dari aspek teknikal seperti jarak tempuh, emisi, infrastruktur, dan kenyamanan pelanggan melalui pelacakan data dalam penggunaan sehari-hari mobil-mobil tersebut di tiga kota besar Indonesia diantaranya Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta, pengujian tersebut akan dilakukan selama periode 3 bulan.

Pada tahap berikutnya peneliti dari UNS, ITS dan Udayana juga akan melakukan rangkaian studi yang sama dengan tujuan agar data yang diperoleh lebih beragam dan komprehensif. Nantinya, data-data yang terkumpul akan dianalisa dan disimpulkan untuk menjadi referensi bagi Kemenperin RI. Selain itu, studi juga akan mempelajari mengenai rantai pasok industri termasuk kebutuhan ketenagakerjaan.

 

Melalui penyerahan mobil ini, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjon menilai Toyota akan selalu memberikan dukungan berbentuk

penyediaan alat berupa kendaraan, data logger, charger, dan asistensi lainnya yang dapat dipergunaan oleh para peneliti dari universitas-universitas di Indonesia.

"Kami berharap dukungan yang kami berikan ini dapat membantu pemetaan kondisi dan kebutuhan riil pelanggan, termasuk kesiapan dan tantangan dalam mengembangkan industri dan infrastruktur kendaraan elektrifikasi di Indonesia sesuai arahan Kementerian Perindustrian RI,” paparnya.

Acara kick-off Penelitian dan Studi Komprehensif Kendaraan Elektrifikasi dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Dr. Muhammad Dimyati, Para rektor dan perwakilan dari 6 Universitas, Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC), Tatsuro Takami,President Director TAM Yoshihiro Nakata, dan Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono serta sejumlah jajaran direksi dan manajemen Toyota Indonesia lainnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini