nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orangtua Siswa Keluhkan Sulitnya Akses PPDB Online di Tangsel

Hambali, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 19:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 04 65 1917932 orangtua-siswa-keluhkan-sulitnya-akses-ppdb-online-di-tangsel-s8BxFtfUrM.jpg Orangtua kesulitan mengakses PPDB Online (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG - Lagi-lagi kendala jaringan saat mengakses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara Online di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dikeluhkan para orangtua siswa. Umumnya, mereka tak dapat menginput data di halaman website sebagaimana ketentuan yang ada.

Salah satu orang tua siswa, Sugeng (42), mengatakan, dia tak bisa mengakses web PPDB Online Tangsel, www.ppdb.dikbudtangsel.com sejak pukul 08.00 WIB. Padahal dia sudah mencoba berbagai cara dengan berganti jaringan provider.

"Dari pagi nggak bisa masukin data, jadi ketika kami input nomor peserta USBN dengan kode 04, nama dan nilai USBN nggak keluar," keluhnya di SMPN 17 Tangsel, Rabu (4/7/2018).

Ketika Orang Tua Murid Bareng-Bareng Amati Layar PPDB Online SMP 

Keluhan yang sama juga disampaikan orang tua murid lainnya bernama Indah (37), sudah berkali-kali mencoba, dia tak juga bisa menginput data nomor peserta USBN putranya.

"Harusnya saat diinput nomor peserta USBN, bisa langsung keluar secara otomatis nama dan nilai USBN anak saya. Tapi ini tidak, berkali-kali selalu begitu," ucapnya.

Kondisi demikian membuat sejumlah sekolah yang dijadikan tujuan pendaftaran PPDB Online dipenuhi orangtua siswa. Mereka memprotes kondisi yang terus berulang setiap tahunnya saat pendaftaran Online.

"Ini berulang terus tiap tahun, tahun kemarin waktu daftarin adiknya juga begini sama, eror, nggak bisa akses dan nggak bisa input data. Harusnya dinas pendidikan persiapkan betul segala sesuatunya, karena kasihan mereka yang mau daftar serba bingung," tutur Hasan (42), yang mendatangi posko pengaduan PPDB Online di SMPN 16, Pamulang.

Iriawan Tinjau Pelaksanaan PPDB di SMAN 5 Bandung

Sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Tangsel mengaku telah menyiapkan infrastruktur IT terbaik dalam penyelenggaraan PPDB Online tingkat SMP. Bahkan turut dibentuk pula titik posko pengaduan di sejumlah sekolah untuk memudahkan koordinasi dengan calon siswa pendaftar.

"Semua sudah kita siapkan matang-matang sejak jauh-jauh hari, uji coba juga sudah kami lakukan beberapa kali," ujar Muslim Nur, Kabid SMP Dindik Tangsel beberapa hari lalu.

Sementara, saat dikonfirmasi mengenai sulitnya akses PPDB Online itu, Kepada Dindik Tangsel, Taryono, membantah jika server PPDB Online bermasalah. Menurut dia, kendala yang dikeluhkan orang tua siswa lebih disebabkan akibat kekeliruan dalam mengakses Website PPDB tersebut.

"Enggak (eror), bisa kok. Ini karena kurang teliti saja, seharusnya ketika membuka login sistem cukup hanya sekali, tidak perlu berulang-ulang," jelas Taryono.

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini