nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polemik Surat Keterangan Tidak Mampu Warnai PPDB Online 2018

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 20:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 04 65 1917954 polemik-surat-keterangan-tidak-mampu-warnai-ppdb-online-2018-KG13mPSKmO.jpg Orangtua kesulitan mengakses PPDB Online (Foto: Hambali/Okezone)

KARANGANYAR - Polemik Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai salah satu persyaratan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online di Karanganyar semakin memanas. Pasalnya, para pendaftar siswa baru yang kebetulan memiliki golongan ekonomi mapan, banyak menyertakan SKTM, agar anaknya bisa diterima di sekolah favorit.

Karena, munculnya kebijakan baru, di mana pihak sekolah wajib menerima para pemegang SKTM, justru banyak dimanfaatkan. Melihat polemik di PPDB Online, menyangkut banyaknya SKTM yang dimiliki masyarakat berekonomi mapan, Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta pada pihak sekolah agar lebih teliti dan juga selektif menerima SKTM yang dilampirkan saat pendaftaran peserta didik baru (PPDB) melalui sistem online.

Siswa SD di Surabaya Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Ramah Lingkungan 

"Saya minta sekolah lakukan pengecekan. Cek pemegang SKTM, apakah benar dari keluarga miskin atau bukannya. Meski pada prinsipnya semua anak berhak untuk sekolah," ucap Juliyatmono, Rabu (4/7/2018).

Tak hanya pada pihak sekolah, Juliyatmono pun meminta pada perangkat RT juga RW tidak sembarangan untuk memberikan surat pengantar untuk warganya yang akan mengurus SKTM.

Siswa SD di Surabaya Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Ramah Lingkungan 

"RT dan RW tidak boleh melayani sembarangan, merekalah yang mengetahui kondisi riil masyarakatnya," tegas Juliyatmono.

Pada tahun PPDB 2017 lalu, banyak pihak yang memanfaatkan SKTM untuk mendaftar di sekolah negeri favorit. Dampaknya, pelaksanaan PPDB online di Karanganyar sempat terganggu dan sempat memicu aksi unjuk rasa para orang tua siswa. Pasalnya, meski diwarnai aksi protes, dari pihak sekolah hanya diam saja.

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini