Honda Ajukan Paten Cafe Racer Bermesin 6 Silinder

Mufrod, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 10:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 05 15 1918154 honda-ajukan-paten-cafe-racer-bermesin-6-silinder-9lOtvYDGT1.jpg Sketsa Honda CBX (Foto: NDTV)

TOKYO - Demam tunggangan gaya klasik dari para bikers, memang dijadikan peluang pasar oleh Honda dengan menawarkan jajaran produk bergaya retro. Bahkan di Jepang, produsen berlogo sayap kepak ini tengah mempersiapkan tunggangan bergaya cafe racer bernama CBX.

Meski baru bocor dalam bentuk sketsa, keseriusan Honda mengembangkan model ini bisa terlihat dari pengajuan paten desain. Melirik dari desain yang akan diajukan, tampilan CBX jauh sepertinya terinsipirasi dari tunggangan balap cafe racer di era 60-an.

Bahkan secara menyeluruh Honda CBX memiliki aliran gen yang tak jauh beda dengan Triumph Thruxton R atau BMW R nine T Racer. Dimana kesamaan bisa terlihat dari penggunaan stang clip-on, lampu sorot yang menukik, dan rear seat cowl.

Dari sketsa juga terlihat sepeda motor memiliki jok dengan desain meninggi yang bagian belakangnya tertutup cowl dan bisa dilepas untuk boncengers.

 

Pabrikan Honda di Jepang sendiri tidak melampirkan data teknis saat mengajukan paten desain CBX, namun generasi terbaru ini diperkirakan juga akan menggunakan mesin enam silinder yang digunakan dari model pendahulunya.

Honda CBX merupakan sepeda motor yang diproduksi pada 1978 hingga 1982. Sebagai produk andalan tunggangan ini di bekali mesin in line enam silinder berkapasitas 1.0 liter yang mampu hasilkan tenaga mencapai 105 bhp.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini