Mengenal Sosok Honda CBX yang Akan Menjadi Cafe Racer

Mufrod, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 12:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 05 15 1918209

TOKYO - Honda yang saat ini diketahui tengah mengajukan paten untuk kendaraan klasik model cafe racer, diketahui akan memposisikan produk tersebut sebagai generasi penerus CBX yang telah di suntik mati pada 1982.

 Honda CBX pertama kali di produksi pada 1978 sebagai tunggangan kategori superbike. Rancang bangunnya sendiri dilakukan langsung oleh Soichiro Honda yang menjadi ketua tim perancangnya. Di tangan pendiri perusahaan automotif Honda ini, CBX di bekali mesin enam silinder dengan kapasitas 1.047 cc.

Di masa tersebut, Honda justru memiliki beberapa mesin berkapasitas sama namun hanya memiliki konfigurasi 4 silinder untuk 1.000 cc dan 4 silinder 1.200 cc.

 

Sebagai superbike, Honda CBX diatas kertas memiliki mesin DOHC enam silinder 24 silinder, sistem pengkabutan bahan bakarnya sendiri menggunakan enam karburator. Bisa dibayangkan motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 103 hp, dan mampu melesat dengan kecepatan maksimum hingga 189 kpj.

Dengan kekuatan mesin yang sangat besar, tak mengherankan jika Honda CBX racikan Soichiro Honda ini pernah di nobatkan sebagai sepeda motor paling kencang, berteknologi tinggi, dan memiliki desain futuristik di jamannya.

Untuk mendukung kekuatan mesin, Honda CBX disokong dengan suspensi depan teleskopik 35 mm dan suspensi belakang double shockbreaker. Namun generasi ketiganya di ubah menjadi monoshock Pro-Link. Sebagai penghenti laju CBX mengusung Rem Double Cakram 276mm didepan dan Single Cakram 296mm dibelakang, seperti dikutip dari berbagai sumber.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini