nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Kontak Senjata Brimob dengan KKSB di Nduga

Chanry Andrew S, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 16:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 05 340 1918395 kronologi-kontak-senjata-brimob-dengan-kksb-di-nduga-hdKEanJCSb.jpg Personel Brimob kontak senjata dengan KKSB di Nduga (Foto: Chanry Andrew)

KENEYAM - Situasi Kamtibmas di Kota Keneyam, ibu kota Kabupaten Nduga hingga saat ini belum kondusif, baku tembak antara pasukan aparat keamanan dengan kelompok kriminal separatis bersenjata masih terus berlangsung.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Piet Reba menjelaskan kronologinya, kejadian tersebut terjadi pada Rabu 4 Juli 2018 sekira pukul 14.00 WIT di Kampung Delpel, Kompleks Koteka, Keneyam. Kontak tembak melibatkan kelompok KKSB dengan Satpor Mabes Polri yang sedang melakukan pemantauan di sekitar kali Keneyam sekaligus memantau pos kelompok KKSB di kali Alguru.

Dalam kontak tembak tersebut mengakibatkan seorang anggota Brimob terkena tembakan dan mengalami luka di bagian paha sebelah kanan, adapun korbannya atas Bharada Rapindo Refli Sagala.

 Kontak senjata Brimob dengan KKSB di Papua

Menurut Reba, kronologi kejadian terjadi pada pukul 13.30 WIT anggota satpor yang sedang melakukan pemantauan ke arah seberang kali Kenyam dan dipimpin Danru Briptu Juansik bersama 10 anggota Satpor Mabes Polri. Selanjutnya, pukul 16.00 WIT setelah melaksanakan pemantauan tiba-tiba terdengar suara tembakan dari arah seberang kali sebanyak 3 kali dan langsung di balas tembak oleh Satpor Mabes Polri.

"Tidak lama kemudian terdengar lagi suara tembakan sebanyak dua kali dan ternyata korban Bharada Rapindo Refli Sagala terluka, di mana peluru bersarang tepat di paha depan sebelah kanan Bharada Rapindo Refli Sagala yang hendak mencari tempat perlindungan kemudian korban luka tembak langsung dievakuasi ke pos jaga yang berada di Kampung Delpel Kompleks Koteka," tutur AKBP Yan Piet Reba.

Kemudian, pada pukul 16.30 WIT, anggota polisi Subsektor Nduga yang sedang berjaga di mako mendengar kabar tersebut dan langsung menjemput perawat medis menuju pos jaga yang berada di Kampung Koteka.

"Anggota Pos Polsubsektor Nduga, dua orang suster tiba di pos jaga di Kampung Delpel Kompleks Koteka dan langsung melakukan penanganan medis. Bharada Rapindo Refli Sagala dievakuasi ke Polsubsektor Nduga," ujar Reba.

 Brimob korban penyerangan KKSB di Papua

Hingga saat ini, menurut Kapolres Jayawijaya, aparat keamanan masih bersiaga guna mengantisipasi adanya penyerangan KKSB di wilayah tersebut. Petugas sementara kembali ke mako pos polisi Nduga dalam keadaan aman dan terkendali.

Sementara itu, dari informasi yang diterima Okezone, pada Kamis hari ini sekira pukul 09.07 WIT bertempat di belakang Mako Pol Subsektor Nduga telah diberangkatkan korban penembakan atas nama Bharada Ravindo Refli Sagala menuju ke Timika menggunakan pesawat Bell no penerbangan P-300. Korban dievakuasi ke Timika untuk dilakukan penanganan medis lanjutan di mana direncanakan akan dilakukan operasi pengakatan proyektil peluru dari paha korban.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini