UNS Buka Seleksi Mandiri Bagi yang Tak Lolos SBMPTN, Ini Syaratnya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 10:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 05 65 1918153 uns-buka-seleksi-mandiri-bagi-yang-tak-lolos-sbmptn-ini-syaratnya-un2LMUowwH.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka jalur Seleksi Mandiri (SM) untuk calon mahasiswa yang namanya tidak lulus dalam hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SM UNS adalah Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNS dengan Seleksi menggunakan Pengolahan Data Hasil Ujian SBMPTN untuk Jenjang Sarjana dan Diploma. Sehingga peserta SM UNS harus sudah menjadi Peserta SBMPTN Tahun 2018. Demikian seperti dikatakan Kepala Humas UNS, Andre Rahmanto dalam akun facebooknya. Berikut tata cara dan jadwal untuk mengikuti seleksi bersama UNS:

 

Prosedur Pendaftaran

Calon mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs

http://www.spmb.uns.ac.id, klik ”Pendaftaran”, dengan menyiapkan data sesuai yang diisikan saat melakukan pendaftaran online SBMPTN:

 Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Nomor SBMPTN

Nama (sesuai Ijasah)

Tanggal lahir (yyyy-mm-dd)

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

(Nomor Pendaftaran SM UNS hasil Pendaftaran Online harap dicatat)

Calon membayar Biaya Pendaftaran Rp200.000 di salah satu bank berikut: Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) atau Bank Mandiri .

Cetak Kartu Tanda Peserta secara online di http://www.spmb.uns.ac.id, pilih menu pendaftaran kemudian klik Login (menggunakan Nomor Pendaftaran SM UNS dan PIN yang tercantum dalam Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran).

Pilihan Program Studi

Program studi pilihan dikelompokan menjadi kelompok: Saintek, Soshum dan Campuran (campuran Saintek dan Soshum).

Peserta kelompok Saintek/Soshum dapat memilih paling banyak 4 (empat) Program Studi Jenjang Sarjana dan atau Diploma dengan maksimal 2 Program Studi untuk masing-masing Jenjang. Program Studi yang dipilih harus dalam satu kelompok yang sama (lihat daftar program studi).

Peserta kelompok Campuran dapat memilih paling banyak 4 (empat) Program Studi Jenjang Sarjana dan atau Diploma dari kelompok Saintek dan Soshum dengan maksimal 2 Program Studi untuk masing-masing Jenjang, dengan catatan sedikitnya 1 (satu) Program Studi kelompok Saintek atau 1 (satu) Program Studi kelompok Soshum.

 Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Pilihan Program Studi SM UNS tidak harus sama dengan pilihan program studi pada SBMPTN (Kecuali Program Studi yang mengharuskan mengikuti Ujian Keterampilan pada SBMPTN).

Kelompok Program Studi (Saintek/Soshum) yang dipilih pada SM UNS harus sama dengan kelompok Program Studi (Saintek/Soshum) yang dipilih pada SBMPTN Tahun 2018, kecuali kelompok Campuran pada SBMPTN dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek dan atau Soshum.

Urutan pilihan Program Studi menunjukkan urutan prioritas pilihan peserta.

Seleksi dan Pengumuman Hasil

Seleksi didasarkan atas Pengolahan Data Hasil Ujian SBMPTN tahun 2018.

Peserta yang telah diterima pada SBMPTN tahun 2018 tidak diikutsertakan pada seleksi SM UNS Tahun 2018.

Hasil seleksi akan diumumkan melalui Internet di website http://www.spmb.uns.ac.id.

Jadwal Seleksi Mandiri UNS

Pendaftaran Online tanggal 26 Juni - 7 Juli 2018

Pembayaran biaya pendaftaran tanggal 26 Juni - 9 Juli 2018

Cetak Kartu Tanda Peserta tanggal 9 Juli - 13 Juli 2018

Pengumuman bagi yang lolos seleksi tanggal 17 Juli 2018

Registrasi (Bagi yang lulus seleksi)

Online : 21 - 26 Juli 2018 (terdiri dari beberapa tahapan)

Ondesk : 30 Juli 2018

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini