Kacaunya PPDB Online di Tangsel, Sistem Error Sejak Pendaftaran Hari Pertama

Hambali, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 23:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 05 65 1918530 kacaunya-ppdb-online-di-tangsel-sistem-error-sejak-pendaftaran-hari-pertama-fFqH0IJ1tM.jpg

TANGERANG SELATAN - Kekisruhan mewarnai penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga hari kedua pelaksanaannya, Kamis (5/7/2018).

Sejak dimulai pada hari pertama pada Rabu 4 Juli 2018 kemarin, sistem PPDB Online di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sulit untuk diakses. Bahkan kebanyakan orangtua tak dapat menginput data pada form yang tersedia dalam sistem. Selain itu, ada pula yang nama siswa dan sekolah tujuan tak tampil di form tersebut.

Kesal dengan kondisi demikian, ratusan orangtua murid dari berbagai wilayah mendatangi Posko pengaduan Information and Technology (IT) yang berada di SMPN 8, Komplek Puspiptek Serpong, Setu, Kota Tangerang Selatan. Mereka ramai-ramai memprotes sistem jaringan yang selalu eror saat mengakses PPDB Online.

"Dinas Pendidikan harusnya sudah mengantisipasi ini sejak jauh-jauh hari, kesannya ini disengaja. Setiap tahun mesti kendalanya begini, sama persis, alasannya juga sama. Ada apa ini, sejak kemarin hari pertama eror, macem-macem masalahnya," terang pria berinisial AN (42) saat mengurus PPDB Online putranya di SMPN 8.

Sama halnya dengan Ikhsan (51), sudah dua hari ini pria paruh baya itu mendatangi posko pengaduan PPDB Online sejak pagi buta. Dia mengeluhkan sulitnya mengakses sistem tersebut meski telah mencoba berulang kali.

"Saya sudah dari kemarin nggak bisa. Katanya disuruh tunggu sampai hari ini, tapi ya tetap begini hasilnya. Kita kan kerja, harus dua hari bolak-balik nggak ada kejelasan," ungkapnya di lokasi yang sama.

Sebagai penyelenggara, Dinas Pendidikan Kota Tangsel berkelit dan menyebutkan bahwa kesalahan bukan terletak pada jaringan server yang digunakan. Melainkan ada ketidaktelitian para pendaftar saat menginput registrasi sistem.

"Saya bukan menyalahkan masyarakat yang saat mendaftar tapi tidak bisa, melainkan ada ketidaktelitian saja. Jadi ada juga yang inputnya berulang kali sehingga sistemnya eror, dan macam-macam. Intinya kalau dari server saya kira tidak ada masalah, karena kapasitasnya cukup besar sekira empat Terabyte," jelas Taryono, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel saat dikonfirmasi kekisruhan itu.

Ditambahkan Taryono, saat ini beberapa operator server tengah membantu menginput langsung seluruh data calon peserta PPDB Online. Dia memastikan, bahwa paling lambat pada malam hari ini semua proses sudah selesai. Mengenai hasilnya, akan segera diinformasikan kepada orang tua siswa.

"Malam ini bisa selesai, jadi kita yang membantu mengerjakan," imbuhnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini