nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kolom Kosong Resmi Kalahkan Appi-Cicu, Pilwalkot Makassar Diulang 2020

Herman Amiruddin, Jurnalis · Sabtu 07 Juli 2018 09:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 07 340 1919186 kolom-kosong-resmi-kalahkan-appi-cicu-pilwalkot-makassar-diulang-2020-KxDtycXWiF.jpg Rapat Pleno Rekapitulasi Pilwalkot Makassar (foto: Herman A/Okezone)

MAKASSAR - Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) di pleno KPU Makassar di mana kolom kosong berhasil mengalahkan calon tunggal, maka Pilwalkot Makassar akan diulang pada Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Makassar, Abdullah Manshur saat setelah merampungkan rekapitulasi 15 Kecamatan se- Makassar di Hotel Maxone Jalan Taman Makam Pahlwan, Sabtu (7/7/2018).

Ia mengatakan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2018 tentang satu pemilihan dengan pasangan calon itu disebutkan ketika pasangan calon itu tidak mencapai perolehan suara lebih dari 50 persen maka dilakukan pemilihan ulang.

"Kemudian KPU membuat surat penetanpan pemilihan ulang pada pemilu berikutnya atau Pilkada berikutnya," kata Manshur saat usai membacakan hasil rekapitulasi suara Pilwalkot Makassar 2018, di Hotel Maxone, dinihari.

Rapat Pleno Rekapitulasi Pilwalkot Makassar (foto: Herman A/Okezone)Rapat Pleno Rekapitulasi Pilwalkot Makassar (foto: Herman A/Okezone)

Dikatakan Manshur, untuk Pilwakot Makassar sendiri akan diulang pada pemilihan serentak di 2020. "Kalau disebutkan pemilu berikutnya itu adalah di tahun 2019 tetapi ada pemilihan nasional yakni pemilihan legeslatif dan pemilihan presiden. Maka akan diikutkan pada Pilkada Serentak 2020. Dan Paslon masih ikut. Bisa dengan pasangan lain," jelas Manshur.

Lebih lanjut Manshur mengungkapkan, jika ada pihak dari Paslon tunggal tidak menerima dengan hasil rekapitulasi resmi dari KPU Makassar dengan melakukan upaya hukum. Itu sah-sah saja.

"Itu sah-sah saja kalau mau menggugat. Kami selalu siap untuk dari segala upaya hukum yang dilakukan dari pihak yang tidak terima hasil KPU ini," ungkapnya.

Sebelumnya dari hasil rekapitulasi yang dibacakan oleh masing-masing PPK setiap kecamatan. Dari hasil rekapitulasi di 15 Kecamatan itu Kolom Kosong menang dengan meraih 300.795 (53%) suara.

Sedangkan calon tunggal pasangan Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) meraih 264.245 (47%) suara. Appi-Cicu hanya menang suara di 3 Kecamatan.

Sehingga Kolom kosong dinyatakan jauh mengungguli pasangan Appi-Cicu yang diusung oleh 10 partai besar di DPRD Makassar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini