Share

Pakde Karwo: Kondisi Pasuran Sudah Terkendali

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 08 Juli 2018 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 08 519 1919488 pakde-karwo-kondisi-pasuran-sudah-terkendali-E6W1nAntay.jpg Gubernur Jawa Timur Soekarwo

PASURUAN - Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo mengungkapkan terduga pelaku bom di Pasuruan merupakan 'pemain lama.' Hingga kini, ia memastikan kondisi di Pasuruan sudah aman dan terkendali pasca insiden tersebut.

"Sudah terkendali. Itu memang pemain lama," kata Pakde Karwo saat ditemui Okezone di Pasuruan, Jawa Timur, usai menghadiri Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-X bersama Menristekdikti Mohamad Nasir, Sabtu, 7 Juli 2018 malam.

Ia bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman sudah menjenguk anak terduga pelaku bom Pasuruan yang menjadi korban ledakan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim Surabaya, Jumat lalu.

"Sudah. Saya sudah ke sana. Kapolda, Pangdam sudah kesana karena masih dirawat di RS Bhayangkara. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah," jelas dia.

Pakde Karwo pun menyebut Tiga Pilar pemerintahan desa di Pasuran sudah berjalan karena dapat mendeteksi dini adanya dugaan tindak pidana terorisme.

"Tiga Pilarnya berjalan. Dia (terduga pelaku) lari karena mau di cek itu. Saya mau ucapkan terimakasih kepada tokoh masyarakat di sana, artinya sudah melakukan deteksi dini," jelasnya.

Ledakan bom mengguncang sebuah rumah kontrakan milik Saprani di Jalan Pepaya, Dusun Pogar, Desa Bangil Gempeng, Kecamatan Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Meski berdaya rendah atau low explosive, ledakan tersebut membuat kaca pecah dan asbes rumah rusak, serta meresahkan masyarakat setempat.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis 5 Juli 2018 kemarin, sekira pukul 11.30 WIB. Pemilik bom diduga pasangan suami istri (pasutri), kini polisi telah mengamankan sang istri dan tiga orang orang lainnya, sementara suami masih dalam pengejaran.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini