nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Asian Games 2018, Polisi Amankan 51 Pelaku Kejahatan Jalanan

CDB Yudistira, Jurnalis · Minggu 08 Juli 2018 14:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 08 525 1919528 jelang-asian-games-2018-polisi-amankan-51-pelaku-kejahatan-jalanan-l3hu6tqfGC.jpg Polresta Bandung menangkap 51 begal jelang Asian Games. (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – Menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait pengamanan menjelang gelaran akbar Asian Games 2018, Polrestabes Bandung mengamankan puluhan pelaku kejahatan jalanan yang kerap meresahkan masyarakat. Jumlah ini hanya sebagian kecil dari ratusan orang yang diciduk secara keseluruhan di Jawa Barat.

"Empat hari kita lakukan penindakan dan didapati hasil 51 pelaku kejahatan yang dibekuk jajaran Polrestabes Bandung, dan untuk Jawa Barat sendiri ada 285 tersangka. Beberapa di antaranya diberikan tindakan tegas dan terukur karena membahayakan dan melawan saat akan diamankan," ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto yang didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo saat ungkap kasus di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Minggu (8/6/2018).

Agung mengatakan, penindakan ini merupakan kelanjutan atas instruksi Kapolri untuk memberantas pelaku kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat dalam rangka menjelang perhelatan Asian Games 2018.

Kurang dari satu bulan lagi Asian Games diselenggarakan. Setidaknya ada 45 negara berkompetisi dalam pesta olahraga terbesar di Benua Asia tersebut. Penindakan terhadap para begal ini dimaksud agar tidak adanya gangguan, baik kepada masyarakat maupun terhadap para atlet.

"Ini persiapan kita dalam rangka tuan rumah Asian Games. Kita lakukan penindakan terhadap pelaku kejahatan agar saat nanti menjelang dan pelaksanaan Asian Games 2018, aman dan kondusif. Untuk di Jabar ada lima venue yang dijadikan tempat untuk Asian Games 2018," jelasnya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan semua aparat kepolisian untuk meningkatkan operasi guna mencegah adanya aksi kejahatan di seluruh wilayah Tanah Air menjelang Asian Games 2018.

"Saya akan berikan highlight untuk meningkatkan operasi," tegas Tito saat di Ruang Rupatama, Mabes Polri, belum lama ini.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat dirinya bakal melakukan video conference dengan para kapolda untuk melakukan operasi kejahatan jalanan. "Ini semua wilayah lakukan operasi kejahatan jalanan terutama begal," ucap dia.

Hal itu dilakukan Polri sebagai sebuah bentuk penanganan keamanan di Indonesia. Apalagi perhelatan Asian Games akan dilaksanakan dalam waktu kurang lebih satu bulan.

"Saya akan tekan jelang Asian Games. Agar tamu-tamu kita enggak terganggu dan terutama masyarakat kita sendiri," tutur Tito.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini