Ingin Desain CV yang Kekinian? Cek di Sini

Agregasi Qerja.com, Jurnalis · Minggu 08 Juli 2018 20:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 08 65 1919569 ingin-desain-cv-yang-kekinian-cek-di-sini-4KjYDKNyPf.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Salah satu cara menarik perhatian perekrut yang menyeleksi curriculum vitae (CV) adalah menampilkan daftar riwayat pekerjaan dengan cara yang unik. Untuk itu, Anda perlu membuat desain CV yang bagus. Masalahnya, tidak semua orang punya kemampuan mendesain yang baik.

Buat Anda yang kesulitan membuat desain CV menarik, kini ada sejumlah situs yang menyediakan template untuk CV. Anda bisa memanfaatkan desain tersebut secara cuma-cuma ataupun menikmati layanan premium berbayar. Berikut rekomendasi situs penyedia desain CV untuk Anda.

Visual CV (www.visualcv.com)

VisualCV memang dibuat untuk membantu orang mencapai tujuan karier. Makanya, mereka menyediakan layanan untuk memudahkan orang membuat resume, portofolio dan personal landing page. Desain yang ditawarkan VisualCV memberikan kesan formal dan profesional. Kebanyakan template CV yang tersedia di VisualCV berlatar belakang putih dengan sedikit sentuhan satu warna lainnya.

Dengan VisualCV, Anda bisa membuat CV dengan memasukkan informasi dari akun sosial media LinkedIn. Keunggulan lainnya, Anda bisa mengedit CV dari perangkat mobile. Selain itu, VisualCV juga bisa menyajikan informasi jumlah orang yang melihat atau mengunduh CV yang telah Anda unggah.

Anda bisa mencoba membuat CV di VisualCV dengan gratis. Jika ingin layanan premium, Anda harus membayar USD12 atau sekitar Rp173 ribu per bulan selama satu tahun.

Kick Resume (www.kickresume.com)

Seperti halnya VisualCV, template CV yang ditawarkan Kick Resume tampak formal. Hanya saja, bentuk dan warna pada desain dari Kick Resume terasa lebih dinamis tanpa meninggalkan kesan profesional. Anda bisa memilih template CV dari 50 desainer atau membuat kreasi CV sesuai dengan kepribadian.

Kick Resume menyediakan template CV yang cocok untuk berbagai profesi. Jika Anda bingung memilih desain yang sesuai untuk bidang industri yang digeluti, maka tekan saja menu resume examples. Di sana Anda bisa melihat CV orang lain yang telah berhasil lolos seleksi di perusahaan ternama.

Jika Anda mengharapkan layanan tambahan seperti desain template yang lebih banyak, maka bisa mencoba membuat akun berbayar. Untuk itu, Anda mesti membayar USD48 per tahun atau hampir Rp690 ribu.

ResumUp (www.resumup.com)

ResumUp menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam membuat CV. Maka, sejak halaman muka, Anda bisa langsung mendapati beberapa opsi template CV. Anda bisa langsung memilih desain CV sesuai kebutuhan.

Desain template CV yang tersedia di ResumUp mulai dari yang bergaya formal sampai yang paling kreatif. Ada template CV yang gaya tradisional, bisa menarik perhatian atau desain yang akan menonjolkan kekuatan dan pencapaian.

Jika Anda ingin menikmati layanan berbayar dari ResumeUp, maka bisa membayar USD15 (sekitar Rp 215 ribu) per bulan untuk kategori Winning Resume dan USD20 (sekitar Rp280 ribu) per bulan untuk Profile Pro.

Zety (zety.com)

Zety adalah nama baru dari situs penyedia template CV, UptoWork. Zety menawarkan CV yang berkesan profesional, elegan, kreatif dan modern.

Template CV yang disediakan Zety adalah kombinasi dari warna putih, hitam, dan satu warna lain yang menguatkan kesan formal. Jika Anda memilih satu desain CV tapi tidak cocok dengan warnanya, maka bisa langsung melakukan penyesuaian. Zety akan memberikan Anda pilihan paduan warna pengganti.

Jika Anda bingung memilih desain yang sesuai dengan bidang kerja yang digeluti, maka Zety akan memberikan saran terbaik dari para profesional. Anda bisa mencari tahu hal tersebut dengan klik menu Resume Example.

Easel.ly (www.easel.ly)

Situs easel.ly sebenarnya menyediakan template untuk membantu Anda menyampaikan informasi dalam bentuk data yang menarik. Namun, Anda bisa memodifikasi desain template infografik tersebut untuk CV.

Di situs easel.ly, Anda bisa menemukan banyak template dengan warna-warni menarik dan atraktif yang bisa digunakan untuk CV. Desain CV dari easel.ly cocok untuk Anda yang bergelut di industri kreatif.

Untuk mendapat template, ilustrasi dan gambar lebih banyak, Anda bisa membuat akun pro dengan membayar USD 3 atau sekitar Rp43 ribu per bulan.

Canva (www.canva.com)

Sebenarnya, Canva adalah situs yang menyediakan desain template untuk berbagai keperluan pekerjaan, seperti untuk pembuatan flyer, banner, kartu nama, cover buku dan majalah, dan lain sebagainya. Selain itu, para desainer Canva juga membuat template CV untuk para pencari kerja.

Anda bisa menggunakan template CV yang dirancang para desainer atau mengubah desain template dengan gaya sendiri. Canva juga menyediakan jutaan foto dan ikon yang telah dikurasi oleh desainer sehingga bisa membuat CV Anda lebih menarik.

Canva paling cocok digunakan oleh Anda yang ingin membuat CV kreatif. Kabar baiknya, desain dari Canva bisa didapatkan secara gratis.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini