nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 dari 12 Remaja Thailand yang Terjebak di Gua Berhasil Dikeluarkan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 00:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 18 1919649 4-dari-12-remaja-thailand-yang-terjebak-di-gua-berhasil-dikeluarkan-L7P32OqiQv.jpg Seorang remaja Thailand yang terjebak di Gua. Foto: Thai Navy via Reuters

CHIANG RAI - Empat dari 12 remaja Thailand berhasil diselamatkan dari gua hari Minggu (8/7/2018).

Tim penyelamat meluncurkan misi berani dan berbahaya untuk membebaskan anak-anak dan pelatih sepak bola mereka yang telah terperangkap di Gua selama lebih dari dua minggu, kata para pejabat setempat, mengutip Reuters.

Tiga belas penyelam asing dan lima anggota unit SEAL angkatan laut Thailand memandu anak-anak itu ke tempat yang aman melalui lorong-lorong sempit yang terendam yang merenggut nyawa mantan penyelam angkatan laut Thailand.

Operasi menyelamatkan delapan anak laki-laki yang tersisa dihentikan sementara, dan akan pada Senin (9/7/2018) pagi.

Hujan deras telah membanjiri Gua Tham Luang di wilayah utara Provinsi Chiang Rai pada Minggu dan badai diperkirakan akan terus berdatangan pada beberapa pekan ke depan, sehingga resiko yang dihadapi anak-anak semakin besar.

Foto Royal Navy Thai via Reuters 

Bocah berusia 11-16 tahun itu hilang bersama pelatih sepakbola mereka setelah latihan rutin pada 23 Juni. Mereka berencana berpetualang menjelajah gua yang berbatasan dengan Myanmar dan merayakan ulang tahun salah satu anggota tim.

Upaya penyelamatan ini bisa memakan waktu tiga sampai empat hari bergantung pada cuaca, kata seorang komandan angkatan bersenjata dalam misi.

Tim penyelamat telah mensimulasi rencana mereka selama beberapa hari terakhir dan berhasil mengurangi ketinggian air secara signifikan, kata Narongsak, kepala penyelamatan itu kepada wartawan.

"Jika kami terus menunggu dan hujan datang dalam waktu beberapa hari, maka kami akan kembali harus memompa air dan kesiapan kami turun," kata dia.

Foto/Reuters 

Dokter asal Australia, yang juga tergabung dalam penyelamatan itu, memeriksa kesehatan anak-anak tersebut pada Sabtu malam.

Pejabat mengatakan bahwa butuh waktu 11 jam pulang pergi dari mulut gua ke tempat para korban ditemukan oleh penyelam asal Inggris, Richard Stanton dan John Volanthen pada Senin lalu.

Dari 13 penyelam, tiga di antara mereka akan mengantar anak-anak, sementara sisanya bersiap di sepanjang jalur berbahaya di kilometer pertama. DI jalur itu mereka harus melewati jalanan sempit yang lebarnya tidak lebih dari setengah meter.

Foto/Reuters 

Sejak pukul 14.00 tadi, 13 penyelam telah berada dalam posisi untuk membawa anak-anak, meski belum jelas kapan operasi akan dimulai.

"Mengingat rumitnya jaringan gua dan sulitnya operasi ini, kami tidak bisa memastikan berapa banyak anak yang akan keluar dalam misi pertama," kata tim penyelamat dalam pernyataan tertulis.

Sebanyak 13 petugas kesehatan bersiaga di luar gua --masing-masing dengan helikopter dan ambulans-- untuk 12 anak dan satu pelatih sepakbola mereka.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini