nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga BBM Tidak Jadi Naik, Kerusuhan di Haiti Terus Berlanjut

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 09 18 1919826 harga-bbm-tidak-jadi-naik-kerusuhan-di-haiti-terus-berlanjut-uqAxpMvT0e.jpg Foto: Reuters.

PORT AU PRINCE – Demonstrasi besar-besaran di menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Haiti terus berlanjut meski pemerintah telah memutuskan untuk menunda kenaikan tersebut. Para demonstran memblokade jalan-jalan pada Minggu sementara banyak demonstran lainnya menjarah toko-toko yang ditutup akibat unjuk rasa dan kerusuhan yang telah memasuki hari ketiga.

Para pengunjuk rasa menggunakan pohon-pohon yang ditumbangkan, batu-batu besar dan membakar ban untuk menutup jalanan. Polisi menggunakan gas air mata berusaha membubarkan kerumunan orang di beberapa lokasi.

Sisa-sisa mobil yang terbakar masih dapat dilihat di beberapa titik di Ibu Kota Port Au Prince.

BACA JUGA: Haiti Batalkan Kenaikan BBM Setelah Kerusuhan Pecah di Ibu Kota

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan warganya untuk menghindari kerusuhan yang terjadi di Port Au Prince dan menjadwal ulang rencana perjalanan mereka. Sejumlah maskapai juga telah membatalkan penerbangannya ke Haiti.

Puluhan wisatawan terlihat terdampar di Bandara Internasional Toussaint Louverture menunggu dilanjutkannya penerbangan dari negara Karibia itu.

Perdana Menteri Jack Guy Lafontant mengumumkan penundaan sementara kenaikan harga BBM, solar dan minyak tanah pada Sabtu sore - hanya berselang sehari setelah diumumkan. Namun, kerusuhan tetap berlanjut.

Kementerian Perdagangan dan Ekonomi Haiti pada Jumat mengatakan, mereka akan menurunkan subsidi bahan bakar dalam upaya untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan pajak untuk mendanai layanan pemerintah dengan lebih baik. Kebijakan itu menyebabkan lonjakan harga sebesar 38 persen untuk bensin dan 47 persen untuk solar.

Keputusan untuk menaikkan harga BBM adalah bagian dari kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional, yang mengharuskan Haiti untuk memberlakukan langkah-langkah untuk meningkatkan pendapatan dan layanan pemerintah dan memperkuat ekonomi negara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini