nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 KorbanTersisa, Upaya Penyelamatan Remaja yang Terjebak di Gua Thailand Dilanjutkan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 14:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 09 18 1919884 9-orang-tersisa-upaya-penyelamatan-remaja-yang-terjebak-di-gua-thailand-dilanjutkan-cm4La3BcJO.jpg Foto: Reuters.

CHIANG RAI – Upaya penyelamatan anak-anak dan pelatih tim sepakbola yang terjebak di dalam gua di Thailand kembali dilanjutkan pada Senin. Setelah berhasil mengevakuasi empat anak dari dalam gua, tim penyelamat akan berupaya untuk mengeluarkan sembilan orang yang masih tersisa.

Tim penyelamat menghentikan sementara upaya penyelamatan yang berani dan nekat setelah berhasil mengeluarkan empat anak dari gua pada Minggu untuk kembali melakukan persiapan dan mengembalikan suplai oksigen yang diperkirakan akan memakan waktu setidaknya 10 jam. Sebelumnya, pihak berwenang mengatakan, operasi evakuasi para korban yang terjebak di dalam gua akan berlangsung selama tiga sampai empat hari.

BACA JUGA: 4 dari 12 Remaja Thailand yang Terjebak di Gua Berhasil Dikeluarkan

Meningkatnya intensitas hujan lebat yang mengguyur Gua Tham Luang, di Provinsi Chiang Rai sepanjang malam kemarin semakin meningkatkan risiko tim penyelamat dalam “pertarungan dengan air dan waktu” untuk menyelamatkan anak-anak yang masih berada di dalam gua.

Polisi belum mengungkap identitas keempat anak yang telah diselamatkan dan para orangtua juga belum diizinkan untuk menjenguk anak-anak mereka di rumah sakit. Menurut Somboon Sompiangjai, ayah dari salah satu anak yang terjebak di dalam gua, tim penyelamat telah menginformasikan bahwa mereka akan membawa keluar anak-anak yang kondisinya dianggap “paling fit” terlebih dahulu.

"Kami belum diberitahu anak mana yang dibawa keluar ... Kami tidak dapat mengunjungi putra kami di rumah sakit karena mereka perlu dipantau selama 48 jam," kata Somboon kepada Reuters, Senin (9/7/2018).

"Saya berharap ada kabar baik hari ini," tambahnya.

BACA JUGA: 18 Penyelam Dikirimkan Dalam Operasi Penyelamatan Remaja yang Terjebak di Gua Thailand

Setidaknya sembilan ambulans yang dipenuhi dengan tandu dan tangki oksigen biru menunggu di daerah gua pada Senin. Suasananya di antara para tentara, petugas medis, insinyur, dan sukarelawan di sana terlihat cukup santai.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha dilaporkan akan mengunjungi gua pada Senin. Kepada reporter, PM Prayuth mengatakan bahwa dia terus mengikuti perkembangan insiden ini selama 24 jam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini