Kecelakaan Kereta di Turki Tewaskan Sedikitnya 24 Orang, Lukai Ratusan Lainnya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 18 1919936 kecelakaan-kereta-di-turki-tewaskan-sedikitnya-24-orang-dan-lukai-ratusan-lainnya-iNX9nS8TpS.jpg Foto: AFP.

ISTANBUL – Dua puluh empat orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka saat sebuah kereta penuh penumpang tergelincir di timur laut Turki. Penyebab kecelakaan itu diduga karena erosi tanah yang terjadi di jalur kereta tersebut.

Kereta yang membawa 362 penumpang itu dalam perjalanan dari wilayah Edirne di perbatasan dengan Yunani dan Bulgaria ke Stasiun Halkali, Istanbul pada Minggu saat enam gerbongnya keluar jalur di daerah Tekirdag.

Kantor berita Anadolu yang mengutip Wakil Perdana Menteri Turki, Recep Akdag mewartakan, operasi pencarian di gerbong-gerbong yang tergelincir telah selesai dilakukan pada Senin pagi.

Akdag mengatakan, 24 orang dikonfirmasi meninggal dunia dalam kecelakaan itu, sementara Menteri Kesehatan, Ahmet Demircan mengungkapkan, 338 korban luka-luka telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan 124 di antaranya masih dirawat.

Kementerian transportasi mengatakan kecelakaan itu terjadi karena hujan lebat yang turun di wilayah tersebut baru-baru ini menyebabkan tanah di bawah jalur kereta terkikis. Jalur kereta tersebut terakhir kali diperiksa pada April lalu.

Presiden Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa atas para korban yang kehilangan nyawa karena kecelakaan yang "membuat seluruh negeri sedih ".

"Semua lembaga negara akan menggunakan segala cara yang ada untuk membantu,” demikian disampaikan Erdogan sebagaimana dilansir AFP, Senin (9/7/2018). Dia juga bersumpah bahwa akan ada penyelidikan komprehensif terhadap kecelakaan tragis ini.

Kecelakaan itu merupakan salah satu bencana terburuk di Turki dalam beberapa tahun terakhir setelah kecelakaan kereta yang menewaskan 41 korban di Provinsi Sakarya pada Juli 2004.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini