nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Festival Cabai Tahunan Kembali Digelar di China

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 18:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 18 1920019 festival-cabai-tahunan-kembali-digelar-di-china-qwSRyNsR5w.jpg Foto: AFP.

NINGXIANG - Festival cabai tahunan kembali dibuka di Provinsi Hunan, China pada Senin dengan kontes makan cabai yang dimenangkan oleh seorang kontestan dengan memakan 50 cabai dalam waktu sekira satu menit.

Dengan pengawasan dokter, 10 peserta masing-masing diberi piring berisi 50 cabai Tabasco. Mereka berlomba menjadi yang pertama menghabiskan semua cabai dalam piring itu. Kontes ini digelar oleh sebuah taman hiburan di daerah Ningxiang dan telah memasuki tahun kedua penyelenggaraannya.

Tang Shuaihui, pemuda lokal membawa pulang emas 24 karat seberat tiga gram sebagai hadiah kemenangannya dalam kompetisi tersebut. Dia menghabiskan semua cabai dalam piringnya hanya dalam waktu 68 detik.

"Dia menyelesaikannya dengan kecepatan luar biasa, hampir setelah pembawa acara selesai berbicara," kata Sun Minying, seorang pegawai taman hiburan Kota Kuno Tanhe sebagaimana dilansir AFP, Senin (9/7/2018).

Cabai Tabasco yang dimakan para peserta memiliki peringkat 30.000-50.000 pada Skala Panas Scoville yang mengukur kemampuan cabai. Angka itu menempatkan jenis cabai itu di antara cabai jalapeno dan habanero yang terkenal pedas.

Para peserta festival duduk di dalam kolam dangkal yang diisi dengan air dan ribuan cabai yang mengambang. Namun, cabai yang digunakan di kolam tersebut berbeda dengan cabai Tabasco yang dimakan oleh peserta kontes agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

Provinsi Huinan dikenal dengan makanan pedasnya yang kaya akan warna. Kuliner dari provinsi itu dianggap sebagai salah satu dari delapan tradisi besar makanan China bersama dengan kuliner Sichuan dan Kanton.

Festival cabai itu sendiri masih akan berlangsung sampai akhir Agustus dengan kontes makan cabai yang digelar setiap hari.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini