nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kabupaten di Papua Belum Selesai Rekap Suara Pilkada 2018

Bayu Septianto, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 07:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 09 337 1919707 3-kabupaten-di-papua-belum-selesai-rekap-suara-pilkada-2018-ufzLAJRbj8.jpg Surat suara pilkada. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menerima 105 hasil akhir rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 untuk tingkat kabupaten/kota. Artinya, dari 154 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada, masih ada 49 yang belum menyerahkan laporan hasil akhir rekapitulasi dan penetapan hasilnya ke KPU pusat.

"Yang lain sudah selesai, tapi belum kirim ke kita," jelas Ketua KPU RI Arief Budiman kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 8 Juli 2018.

(Baca juga: Polri, Kominfo, dan BSSN Harus Koordinasi Buru Peretas Situs KPU)

Menurut dia, khusus untuk Kabupaten Jayawijaya dan Mimika mengalami penundaan lantaran proses rekapitulasi suara masih berlangsung. Selain itu, terdapat pula satu lagi wilayah di Papua yakni Kabupaten Paniai yang belum melaksanakan pemilihan.

"Jadi tiga kabupaten belum selesai prosesnya," ucap Arief.

Arief mengatakan, usai penghitungan, KPU akan mengumumkan penetapan pasangan calon terpilih. Penetapan paslon terpilih akan dilakukan jika dalam waktu tiga hari kerja usai rapat hasil akhir rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pilkada tidak ada pihak-pihak yang mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK).

(Baca juga: Pilkada 2018 Berjalan Aman, Kinerja Intelijen dan Aparat Keamanan Dipuji)

"Kalau ada yang keberatan, maka penetapan paslon terpilih akan menunggu putusan sengketa yang dilakukan di MK. Kalau enggak ada sengketa, maka setelah tiga hari itu terlampaui tidak ada pengajuan sengketa, KPU menetapkan paslon terpilih," jelas Arief.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini