nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ucapkan Selamat pada Rindu, Asyik Tetap Gugat Hasil Pilgub Jabar?

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 21:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 525 1920000 ucapkan-selamat-pada-rindu-asyik-tetap-gugat-hasil-pilgub-jabar-8eM0XPjr9c.jpg

BANDUNG - Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) sudah mengucapkan selamat kepada Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) sebagai pemenang Pilgub Jawa Barat 2018 berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jawa Barat. Keduanya bahkan sudah mendatangi Ridwan Kamil untuk mengucapkan selamat secara langsung.

Di pilgub, pasangan Asyik menempati urutan kedua raihan suara terbanyak dengan 6.317.465 suara atau 28,74 persen. Hasil itu terpaut cukup jauh dengan Rindu yang ada di posisi pertama dengan 7.226.254 suara atau 32,88 persen.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Sabtu (7/7/2018) mengatakan siap menggugat jika calon-calon yang diusungnya kalah di pilkada, termasuk Pilgub Jawa Barat. Sebab, ada dugaan kecurangan yang terjadi.

Disinggung apakah Asyik akan benar-benar menggugat hasil pilgub, Sudrajat memberi jawaban mengambang. Ia memberi sinyal bahwa itu merupakan hak Prabowo apakah akan menggugat atau tidak.

"Kalau masalah (pernyataan) Pak Prabowo, semua berdasarkan hukum yang berlaku. Pak Prabowo menyatakan seperti itu adalah dengan asumsi," kata Sudrajat di Kota Bandung, Senin (9/7/2018).

Ketua Tim Pemenangan Asyik, Haru Suandaru, mengatakan pasangan Asyik dan tim kampanye akan satu sikap soal hasil pilgub. Tapi, saat ini belum ada sikap yang dikeluarkan secara resmi. Sebab, di tingkat KPU Jawa Barat baru rekapitulasi, belum penetapan.

Saat ini, pihaknya memberi kesempatan kepada seluruh elemen partai pengusung, pendukung, relawan, dan simpatisan. Jika ada laporan kecurangan selama menunggu penetapan calon terpilih, hal itu akan ditindaklanjuti bersama hingga akhirnya diputuskan akan menggugat atau tidak.

Tapi, ia memastikan Asyik dan seluruh elemennya tidak akan mencari-cari kesalahan atau kecurangan. "Kalau tidak ada (kecurangan atau kesalahan), kami tidak akan cari-cari," tegas Haru.

"Kita akan beri waktu sesuai aturan, mungkin akan disesuaikan juga dengan konsultasi ke DPP masing-masing. Tapi, pada akhirnya kita semua akan satu sikap," tuturnya.

"Prinsipnya kami akan beri catatan (ke KPU), apabila dilanjutkan atau tidak (sebagai gugatan), diberikan kepada timkam karena penetapan masih ada waktu tujuh hari," jelas Haru.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi mengatakan berbagai temuan yang ada di pilgub akan disampaikan ke DPP, termasuk kepada Prabowo Subianto.

"Ini sikap kandidat dan koalisi di Jawa Barat. Konteks selanjutnya kami menunggu arahan DPP," ucapnya.

Menurutnya, hak masyarakat atau yang selama ini mendukung Asyik harus diakomodir. Jika ada temuan kecurangan, maka hal itu harus ditindaklanjuti. "Bukan kami mencari-cari (kesalahan). Justru kalau tidak mengakomodir temuan, kami mencederai nilai Demokrasi di Jabar yang sudah menggunakan hak pilih," pungkas Mulyadi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini