nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Giliran Nissan Tersangkut Skandal Emisi Kendaraan

Mufrod, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 10 15 1920275 giliran-nissan-tersangkut-skandal-emisi-kendaraan-HExlCyUSj0.jpg Ilustrasi produk Nissan Navara (Foto: Okezone)

TOKYO - Produsen Nissan Motor yang sebelumnya aman dari skandal emisi, kini tersangkut masalah tersebut. Dalam laporan Japanese Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism, Nissan telah melanggar batas keamanan emisi yang telah ditentukan.

Menanggapi temuan tersebut, dalam Nissan sendiri tengah melakukan penyelidikan terhadap masalah tersebut. Dan menyebut ada kesalahan pada tahap akhir produksi yang membuat standar emisi kendaraan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Jepang. Demikian seperti dikutip dari Motor1.

 

Dua temuan kunci yang membuat Nissan tak dapat memungkirinya yakni pengujian emisi yang dilakukan pada beberapa produknya terdapat temuan kunci terkait ambang batas emisi gas buang yang diluar ambang batas serta konsumsi bahan bakar yang tidak sesuai. Sehingga Nissan di duga melakukan pemalsuan data tersebut pada kendaraan produksinya.

Setelah masalah ini mencuat, Nissan sendiri belum menjelaskan berapa banyak jumlah kendaraan yang terkena skandal pemalsuan data emisi dan efisiensi bahan bakar.

Nissan sendiri berjanji akan terus melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kerangka kerja dan proses yang terkait dengan kepatuhan terhadap peraturan yang ada.

Sebelumnya perusahaan Volkswagen terkena skandal emisi yang membuat pabrikan automotif Jerman tersebut mengeluarkan biaya besar untuk membeli kembali mobil dari konsumennya sesuai dengan keputusan hukum yang diterimanya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini