nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Menteri Pendukung Brexit Nyatakan Mundur dari Kabinet Inggris

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 11:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 18 1920284 dua-menteri-pendukung-brexit-nyatakan-mundur-dari-kabinet-inggris-GgMM6fxX0S.jpg Boris Johnson. (Foto: Reuters)

LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin sebagai bentuk protes atas rencana Perdana Menteri (PM) Theresa May untuk tetap mempertahankan hubungan dagang yang dekat dengan Uni Eropa (UE) setelah keluarnya Inggris dari blok ekonomi itu.

Diwartakan Reuters, Selasa (10/7/2018), pengunduran diri Johnson diumumkan hanya beberapa jam setelah David Davis melakukan hal serupa dengan mengundurkan diri sebagai menteri Brexit kabinet Perdana Menteri (PM) Theresa May. Hal ini semakin menunjukkan adanya “pemberontakan” dalam kabinet PM dari Partai Konservatif itu.

Perginya dua menteri tersebut juga membantah pernyataan mengenai persatuan kabinet yang baru disampaikan May pada Jumat pekan lalu. Baik Johnson mau pun Davis adalah menteri berpandangan euroskeptis yang mendorong dan mendalangi keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau yang sering disebut dengan Brexit.

Pengunduran diri Johnson dan Davis memunculkan ketidakpercayaan di dalam Partai Konservatif dan mengancam posisi May sebagai PM Inggris serta menimbulkan keraguan terkait proses Brexit.

May mengatakan sedikit terkejut dengan pengunduran diri Johnson dan menunjuk Jeremy Hunt, seorang politikus konservatif sebagai penggantinya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini