nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Negara Bagian Meksiko Waspada Setelah Kontainer Bahan Radioaktif Dicuri di Ibu Kota

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 17:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 18 1920475 10-negara-bagian-meksiko-waspada-setelah-kontainer-bahan-radioaktif-dicuri-di-ibu-kota-sax4dl5BVz.jpg Foto: Reuters.

MEXICO CITY – Pemerintah Meksiko mengumumkan peringatan di ibu kotanya dan 10 negara bagian lainnya setelah sebuah kendaraan yang dipenuhi kontainer berisi material radioaktif dicuri di Mexico City. Kontainer tersebut ditinggalkan seorang pegawai perusahaan swasta di belakang truk pick up-nya.

"Jika Anda melihat kontainer itu, jangan membukanya," demikian diumumkan Pimpinan Badan Perlindungan Sipil, Luis Felipe Fuente melalui Twitter sebagaimana dilansir RT, Selasa (10/7/2018). Badan tersebut mengatakan bahwa material radioaktif yang dicuri memiliki “risiko yang rendah”, tetapi dapat menyebabkan kanker dan gangguan kesehatan permanen kepada orang yang membuka kontainernya atau melakukan kontak dengannya dalam “beberapa jam”.

BACA JUGA: Bahan Radioaktif Dicuri, Lima Negara Bagian Meksiko Waspada

Berdasarkan laporan media setempat, kontainer itu adalah milik sebuah perusahaan radiografi. Benda itu terbuat dari stainless steel dan menunjukkan tanda “bahaya radioaktif”. Pegawai perusahaan itu meninggalkan kontainer itu di belakang mobil Nissan pick up-nya di daerah Alvaro Obregon di Mexico City pada 6 Juli. Dia segera mengontak pihak berwenang ketika menyadari benda itu hilang.

Beberapa kasus pencurian bahan radioaktif telah terjadi di Meksiko dalam beberapa tahun terakhir. Pada Februari, pencuri yang mengincar sebuah kendaraan di Kota Leon, mengambil densometer nuklir, alat yang digunakan dalam rekayasa geoteknik untuk mengukur kepadatan. Dua insiden serupa terjadi pada 2017.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini