nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tali Kemudi Putus, KM Roma Parsaulian Nyaris Karam di Danau Toba

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 18:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 10 340 1920509 tali-kemudi-putus-km-roma-parsaulian-nyaris-karam-di-danau-toba-ExZgVTO1bR.jpg Tim SAR saat evakuasi KM Roma di Danau Toba (foto: ist)

MEDAN - Keselamatan transportasi di perairan Danau Toba kembali diragukan. Bagaimana tidak? setelah insiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang menewaskan tiga orang dan menghilangkan 164 orang pada 18 Juni 2018 lalu, hari ini, Selasa (10/7/2018), satu kapal motor kembali nyaris karam di Kaldera terbesar di Asia Tenggara itu.

Ialah KM Roma Parsaulian. Kapal tersebut tengah berlayar dengan membawa puluhan orang rombongan pesta dari Pelabuhan Nainggolan, di Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Toba Samosir. Saat berlayar, tali kemudi kapal putus sehingga kapal terombang-ambing di danau. Saat peristiwa itu, ombak dan angin di perairan danau toba cukup kencang.

“Kejadiannya sekira pukul 11:00 WIB siang tadi. Kita dapat laporan dari masyarakat kalau ada kapal yang terombang-ambing dan enggak bisa bergerak karena tali kemudinya putus. Kita lalu mengirim kapal untuk memeriksa laporan tersebut. Cuaca tadi memang agak berangin dengan gelombang medium,” ujar Kordinator SAR Danau Toba, Torang M Hutahaean.

 KM ROMA

Torang menyebutkan, seluruh penumpang KM Roma Parsaulian berhasil diselamatkan setelah kapal milik SAR dan dua kapal lainnya datang membantu mengevakuasi korban.

“Tadi ada kapal kita, tapi enggak muat. Lalu datang KM Bunda dan satu kapal milik PT Aquafarm membantu evakuasi. Semua selamat, meski tidak semua tadi menggunakan pelampung. Kapal sudah ditarik ke tepi dan penumpang kapal sudah melanjutkan perjalanan menggunakan jalur darat,” jelas Torang.

 KM ROMA

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini