Sudah Lulus Tapi Belum Dapat Kerja, Simak 5 Tips Agar Tetap Produktif

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 10 65 1920588 sudah-lulus-tapi-belum-dapat-kerja-simak-5-tips-agar-tetap-produktif-VBhzWAgdT3.jpg Kelulusan mahasiswa (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Setelah wisuda mungkin kalian tidak akan dipusingkan dengan pertanyaan, 'Kapan lulus?' Tapi sayangnya, kali ini kalian tidak bisa menghindari pertanyaan, 'Kapan kerja?' yang akan selalu mampir di telinga.

Sebagai fresh graduate, kalian mungkin berharap untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Namun dengan banyaknya persaingan, beberapa orang mungkin memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan pekerjaan yang pas.

Jangan khawatir, selagi menunggu, Okezone memiliki beberapa tips untuk kalian mengisi waktu luang tersebut, seperti dinukil dari Her Campus:

1. Kerja Paruh Waktu

Nah, beberapa dari kalian lulusan baru, mungkin tidak akan mendapatkan uang saku dari orangtua. Untuk menambah uang jajan dan kebutuhan lainnya, tidak ada salahnya mencoba kerja paruh waktu atau menjadi freelancer. Gunakan waktu tersebut untuk membangun resume portofolio.

Baca Juga: Mahasiswa Ingin Magang di Google? Ikuti Tips Suksesnya Berikut Ini


2. Pelajari Keterampilan atau Hobi Baru

Mencoba sesuatu hal yang baru untuk mengisi waktu luang merupakan hal yang tepat. Misalnya, mendaftar ke kelas memasak untuk mempelajari hidangan baru, membuat tembikar, melukis, dan bahkan olahraga. Lebih dari itu, kalian juga dapat mengambil kursus yang mungkin mampu memperluas keahlian profesional. Seperti kursus bahasa asing, public speaking, dan sebagainya.

 Baca Juga: Lulus S1, Langsung Kerja atau Lanjut S2 Ya?

Ilustrasi Mahasiswa

3. Menjadi Volunteer 

Berbuat kebaikan juga menjadi poin yang terpenting untuk mengisi waktu selagi menunggu mendapatkan pekerjaan. Kalian bisa menjadi volunteer atau sukarelawan dan terlibat dalam proyek-proyek layanan masyarakat. Misalnya saja, mengajar untuk anak-anak di pelosok. Kalian juga bisa menjadi tim dokumentasi atau panitia di dalamnya. Melakukan pekerjaan secara sukarela akan membuat kalian lebih produktif dan positif.

 Ilustrasi Mahasiswa Volunteer

Baca Juga: Lima Hal Penting Sebelum Menjadi Volunteer

4. Berkumpul Bersama Keluarga

Bagi kalian para perantau khususnya, ini merupakan momen yang tepat bagi kalian untuk lebih dekat bersama keluarga. Sebelum kembali meninggalkan rumah dan bahkan kota kalian untuk bekerja. Rencanakanlah liburan bersama keluarga atau hanya sekedar makan diluar. Selain itu, gunakan waktu tersebut untuk bernostalgia bersama teman lama. Sekarang kalian tidak memiliki mata kuliah, tugas, dan ujian yang perlu dikhawatirkan. Cobalah menikmati waktu luang dengan lapang dada.

Baca Juga: 4 Manfaat Pulang Kampung Setelah Lulus Kuliah

5. Me Time 

Terakhir merupakan hal yang paling penting, setelah kalian memiliki waktu luang. Kalian harus belajar untuk memiliki waktu untuk memikirkan diri sendiri. Selain itu, kalian juga memiliki banyak waktu untuk berpikir. Jadi, cobalah menulis dan renungkan daftar sasaran, impian, dan hal-hal yang harus dilakukan. Perencaan untuk masa depan adalah cara yang luar biasa untuk mengikuti hal yang harus dilakukan, membantu untuk memasukkan lebih banyak pemikiran positif, dan pengembangan diri.

Intinya adalah habiskan waktu untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah kalian coba sebelumnya. Lakukan dan rencanakan sebanyak mungkin untuk perjalanan hidup kalian selanjutnya. Semoga beruntung!

Ilustrasi Good Luck

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini