PDIP Perkirakan Cak Imin Tak Jadi Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 23:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 11 337 1921140 pdip-perkirakan-cak-imin-tak-jadi-dukung-jokowi-di-pilpres-2019-wXsnWVO9pY.jpg Cak Imin bersama Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduga Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan batal memberi dukungan kepada Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Lantaran gagal menjadi calon wakil presiden untuk Jokowi, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) diperkirakan bakal membelokkan dukungan partainya.

"Cak Imin kayaknya ya. Karena Cak Imin sangat pushy (ambisius) kan," jelas Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

(Baca juga: Cak Imin Terhempas dari Cawapres Jokowi, Apa Untung Ruginya?)


Meski begitu, Cak Imin masih berharap adanya tawaran dari Jokowi agar bisa memenuhi ambisi itu. Eva juga menduga bila PKB tidak jadi mendukung Jokowi, kemungkinan membentuk poros ketiga bersama partai politik lain yang belum menyatakan dukungan pada Pilpres 2019, seperti Partai Demokrat.

"Mereka juga enggak mau deklarasi kan sampai saat ini. Mungkin menunggu bargaining chip untuk cawapres, dan bisa saja misalkan ada poros ketiga," ucap Eva.

(Baca juga: Megawati dan Cak Imin Lakukan Pertemuan Tertutup Bahas Cawapres Jokowi)

Namun, ia tetap mengingatkan agar keputusan untuk membelokkan arah dukungan ini dipikirkan matang-matang sehingga tidak berpengaruh terhadap citra partai.

"Tapi menurutku semua concern dengan citra yang baik. Jadi enggak akan gegabah untuk menjadikan sebagai representasi atau proxy kepentingan pribadi," jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini