Polisi Bakal Panggil Bupati Selayar Terkait Izin Operasi KM Lestari Maju

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 11 340 1920998 polisi-bakal-panggil-bupati-selayar-terkait-izin-operasi-km-lestari-maju-UZv5ncn2jy.jpg Foto Istimewa

MAKASSAR - Kepolisian Polda Sulawesi Selatan mengagendakan pemanggilan terhadap Bupati Selayar Muhammad Basli Ali untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus kecelakaan laut KM Lestari Maju di Perairan Selayar.

Direktur Ditreskrimsus Polda Kombes Yudhiawan Wibisono mengatakan saat penyidiknya tengah fokus terhadap penetapan para tersangka.

"Kalau Bupati belum kita periksa. Mungkin minggu depan kita panggil terkait izin yang dikeluarkan pemerintah daerah,” kata Yudhiawan Rabu (11/7/2018).

Hingga kini, kata Yudhiawan, penyidik Polda telah menetapkan tiga tersangka termasuk pemilik kapal Hendra Yuwono, perwira Posker Pelabuhan Bira Kuat Maryanto (KM), dan nakhoda KM Lestari Agus Susanto.

"Kita telah memeriksa sejumlah saksi-saksi, termasuk awak kapal, nakhoda, pemilik kapal, dan otoritas pelabuhan," ungkapnya.

 kapal

Lebih lanjut Yudhiawan mengatakan, sebelumnya penyidik juga bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) selaku saksi ahli, sehingga polisi bekerja secara maraton.

“Yang ditetapkan tersangka ini sudah memilik dua alat bukti,” tuturnya.

Saat ini Polda mengusut lebih jauh tentang siapa yang bertanggung jawab dalam kecelakaan kapal fery tersebut.

 km lestari

Sementara Lembaga Bantua Hukum (LBH) Makassar Polda Sulsel membentuk tim penyidik tindak pidana korupsi terkait ijin operasional KM. Lestari Maju.

Wakil Direktur Bidang Pengembangan Sumber Daya Hukum LBH Makassar, Andi M. Fajar Akbar, mengatakan penydik tidak hanya mengusut pidana pelayarannya. Tapi harus diusut kemungkinan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam hal perizinan tersebut.

"Harus diusut dengan membentuk 2 tim penyelidik. Satu tim untuk pidana pelayaran dan satu tim untuk pidana korupsi. Biar kasus ini bisa selesai dengan komprehensif," tegas Fajar

Mengenai rekomendasi izin operasi KM Lestari Maju, Bupati Selayar Basli Ali mengaku hanya memfasilitasi siapa saja yang berniat berinvestasi di Selayar selama mereka mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku.

"Pemda hanya memfasilitasi. Ini surat biasa saja. Ada orang datang ke Pemda minta rekomendasi ya kita beri. Dan surat rekomendasi ini lah yang di pakai mengurus ijin dan segala yang menyangkut pelayaran," jelasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini