Antisipasi Ancaman Global, Unhan Telisik dari Sisi Poleksosbud

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 13:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 11 65 1920832 antisipasi-ancaman-global-unhan-telisik-dari-sisi-poleksosbud-cxJ553PLWd.jpg Seminar IIDSS 2018 (foto: Pernita/Okezone)

JAKARTA - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Yoedhi Swastanto menjelaskan alasan mengambil tema "Strengthening Defense Diplomacy to Address Common Security Challenges" dalam seminar internasional IIDSS 2018. Dia menyebutkan, sebagai bagian dari akademisi, dia ingin menerjemahkan kebijakan menteri pertahanan nasional. Hal ini untuk mengantisipasi ancaman di kawasan Asia Pasifik.

unhan

"Iya seperti yang disebutkan tadi, masalah teroris, Laut China Selatan, isu Korea Utara, dan kondisi Rupiah. Dan yang paling penting saja adalah masalah cyber dan diterjemahkan dalam konteks akademisi itu bagaimana," tuturnya saat ditemui di kawasan Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Menariknya, acara ini juga dihadiri banyak narasumber dari luar negeri dan dalam negeri untuk membahas bagaimana isu-isu tersebut diimplementasikan dalam akademik. Yakni universitas pertahanan dari negara lain yang hadir dari Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru. Sementara itu, Thailand hadir sebagai universitas yang berafiliasi bidang pertahanan dan dari Vietnam hadir sebagai lembaga pendidikan di bawah koordinasi Kemenhan Vietnam (setingkat Lemhannas RI). Selain itu, ada universitas dari seluruh Indonesia, sejumlah 24, seperti dari UI, ITB, IPB, UGM dll.

unhan

Total peserta seminar diikuti lebih dari 1.000 orang terdiri dari perwakilan seluruh kedutaan dan konsulat negara lain serta organisasi internasional yang bermarkas di Jakarta, seluruh Atase Pertahanan negara sahabat, seluruh kementerian dan lembaga yang terkait aspek pertahanan, Mabes TNI, Mabes ketiga Angkatan dan Mabes Polri. Semua lembaga pendidikan TNI, Polri dan Pusdiklat beberapa kementerian, serta beberapa lembaga think tank.

Sebagai informasi, Unhan merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi serta pendidikan profesi di bidang pertahanan dan bela negara setaraf Magister atau S-2. Lengkapnya, Unhan memberi kesempatan kepada para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang politik, ekonomi, sosial, dan budaya (Poleksosbud).

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini