nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Siap Terima TGB bila Dilepas Demokrat

Bayu Septianto, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 12 337 1921186 pdip-siap-terima-tgb-bila-dilepas-demokrat-8sLZc498FY.jpg Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang. (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

JAKARTA – Partai Demokrat tengah mennyiapkan sanksi untuk Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB). Sanksi ini dipertimbangkan lantaran TGB menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa melanjutkan pemerintahannya pada periode selanjutnya.

Nasib TGB di Demokrat ini membuat sejumlah partai politik mulai meliriknya. Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan pihaknya membuka pintu bagi TGB bila mendapat sanksi berat dari Demokrat.

"Ya mau dong. Kenapa enggak?," ucap Eva di Jakarta, Rabu 11 Juli 2018.

Menurut Eva, PDIP saat ini sangat membutuhkan tokoh-tokoh dari kalangan Islam seperti TGB. Hal itu lantaran PDIP sebagai partai nasionalis selalu mendapat protes dari masyarakat yang menganggapnya terlalu banyak tokoh non-Muslim.

"Kita butuh banyak sekali tokoh Islam. Biar imbang. Partai nasionalis kadang terlalu banyak diprotes, harus banyak tokoh Islam-nya. Syukur-syukur dia mau ,bergabung PDIP sangat happy," jelas Eva.

Sosok TGB, menurut dia, sangat bagus bagi Jokowi. Salah satu keunggulan yang didapat Jokowi dengan adanya TGB yakni banyak memiliki massa, tak hanya di NTB, tetapi namanya juga sudah mulai dikenal masyarakat se-Tanah Air.

"Dan jangan lupa kental sekali representasi Islam-nya. Ini kan bisa melembutkan tone-tone negatif ke Pak Jokowi soal urusan Islam. Jadi, menurutku kuat dampaknya TGB ini ketika berubah posisi politik dan itu positif bagi Pak Jokowi," jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini