nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bangga Zohri Jadi Juara Dunia: Ini Modal untuk Asian Games

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 13:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 337 1921354 jokowi-bangga-zohri-jadi-juara-dunia-ini-modal-untuk-asian-games-LtlODvkMfl.jpg Lalu Muhammad Zohri merayakan kemenangan (Reuters/Antara)

TANGERANG - Pelari muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu 11 Juli 2018. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia pantas bangga dengan prestasi pemuda asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara (dunia). Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Jokowi di sela menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional di BSD Tangerang, Banten, Kamis (12/7/2018).

Muhammad Zohri berhasil memecahkan rekor atas nama dirinya dari 10.25 menjadi 10.18 detik.

Turun di nomor 100 meter putra, Zohri yang berlari di lintasan 8 berhasil masuk finish dengan catatan waktu 10.18 detik mengalahkan dua pelari U20 terbaik Amerika Serikat Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan waktu 10.22 detik.

Presiden Jokowi (Antara)

Kepala Negara berharap kemenangan dan medali emas Muhammad Zohri menjadi motivasi bagi atlet Indonesia untuk meraih prestasi yang sama di Asian Games pada Agustus 2018.

"Dan itu nanti modal-modal kemenangan seperti ini, kayak kemarin badminton, itu modal Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Lalu Muhammad Zohri merupakan atlet yang dijuluki 'Bocah Ajaib dari Lombok' turun di heat (putaran) pertama, bersama atlet Jepang Daisuke Miyamoto dan berhasil lolos ke semi final dengan waktu 10,30 detik. Catatan waktu Lalu bahkan menjadi yang terbaik dari 6 heat di babak kualifikasi.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini