Menko PMK: Semua Persiapan Asian Games Selesai Akhir Bulan Ini

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 15:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 337 1921434 menko-pmk-semua-persiapan-asian-games-selesai-akhir-bulan-ini-aLXLKhAQGQ.jpg Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Wagub DKI Sandiaga Uno berpose bersama usai RTM persiapan Asian Games 2018 (Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani memastikan semua persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 selesai pada akhir Juli 2018, baik masalah infrastruktur, cabang olahraga (cabor) maupun terkait atlet.

"Alhamdulillah solusi berkaitan dengan hal tersebut saya menargetkan akhir bulan Juli semuanya sudah selesai. Semuanya berkomitmen untuk bisa melaksanakan hal itu," kata Puan usai rapat tingkat menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2018).

Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang serta menggunakan beberapa venue di Banten dan Jawa Barat. Pembukaan pesta olahraga terbesar se-Asia itu akan dihelat pada 18 Agustus mendatang.

Dalam RTM kali ini, Puan mengundang para ketua cabor untuk diminta komitmennya menyukseskan Asian Games 2018. Ia juga menyebut cabor-cabor yang ada di Tanah Air akan bergabung menjadi satu atas nama tim dari Indonesia.

 

Rapat persiapan Asian Games 2018 (Fahreza/Okezone)

"Nanti dalam pelaksanaan Asian Games di bulan Agustus kita sudah tidak menyatakan diri sebagai cabang olahraga, tapi tim Indonesia yang terdiri dari cabor-cabor," jelas Puan.

Sedangkan dalam segi persiapan infrastruktur dan transportasi, Puan menyebut hal itu akan selesai pada akhir Juli 2018. "Venue, trotoar, koridor utama, MRT Insya Allah akhir Juli ini (selesai). Bahkan urusan transportasi dengan ganjil-genap, sampai saat ini untuk dari wisma atlet ke venue radius yang ditentukan kita sudah bisa kurang dari 35 menit," ungkapnya.

(Baca juga: Menko PMK Puan Maharani Pimpin Rapat Persiapan Asian Games 2018)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang ikut dalam rapat, mengatakan optimis penyelenggaraan Asian Games akan lancar dan meraih prestasi gemilang. "Jadi tidak ada sedikit pun kita mundur walau 1 inchi. Kita terus maju dan memberikan yang terbaik bagi negeri ini," katanya.

 

Selain Puan dan Imam, rapat kali ini juga dihadiri para ketua cabang olahraga (cabor) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (sal)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini