nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Partisipasi di Pilkada 2018: Papua Tertinggi, Riau-Kaltim Terendah

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 337 1921539 partisipasi-di-pilkada-2018-papua-tertinggi-riau-kaltim-terendah-ygomZVi42j.jpg Konferensi pers di Bawaslu rilis evaluasi Pilkada 2018 (Fahreza/Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merilis hasil evaluasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 untuk perbaikan prosedur penyelenggaraan Pemilu 2019. Hasilnya, Provinsi Papua meraih tingkat partisipasi paling tinggi di Pilkada dibandingkan daerah lainnya.

Komisioner Bawaslu, Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat Papua dalam pesta demokrasi kemarin mencapai 84 persen, meskipun didera beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya.

"Tertingginya di Papua 84 persen," kata Afifuddin di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Bila dihitung per-provinsi, tingkat partisipasi masyarakat di Papua telah melampaui target yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni sebesar 77,5 persen. "Kita lihat hanya Provinsi Papua yang kemudian taretnya melampaui KPU," jelas dia.

 

Sementara itu, Afifuddin melaporkan tingkat partisipasi pemilih terendah pada Pilkada 2018 berada di Riau dan Kalimantan Timur yakni hanya 58 persen.

Secara umum, lanjut dia, KPU telah merilis tingkat partisipasi pemilih secara keseluruhan sebesar 72,66 persen. Jumlah ini masih belum menembus target yang ditetapkan KPU sendiri.

Oleh karena itu, Bawaslu mendorong KPU beserta stakeholder lainnya menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengerek partisipasi pemilih, khususnya dalam Pemilu 2019.

"Jadi catatan dari kami ialah masih perlu didorong betul bagaimana partisipasi masyarakat bisa benar-benar maksimal sampai titik paling minim," pungkas mantan Kornas JPPR itu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini