nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI AU Sambangi MNC Berguru Strategi Perang Informasi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 20:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 337 1921621 tni-au-sambangi-mnc-berguru-strategi-perang-informasi-bW8RpA1uxt.jpeg Perwira Dispen AU berpose dengan petinggi MNC Media (Fardiansyah/Okezone)

JAKARTA – Perwira TNI yang bertugas di Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispen AU) menyambangi MNC Media di Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk silaturahmi sekaligus studi banding tentang strategi menguasai informasi.

Ada 10 perwira terbaik dari Saspahumas atau perwira khusus yang sering berhubungan dengan masyarakat serta staf yang bertandang ke dapur redaksi MNC Media. Mereka langsung disambut Direktur Pemberitaan MNC Group, Arya Sinulingga bersama para petinggi MNC Media lainnya.

Rombongan Dispen AU berdiskusi dengan petinggi MNC Media sebelum melihat-lihat langsung ruang redaksi dan para punggawa MNC mengolah berita.

"Kami banyak melakukan diskusi mengenai kegiatan-kegiatan terkait dengan peneranagan dan yang saya rasakan sangat bermanfaat buat para perwira ini dan mundah-mudahan bisa terus berlanjut dalam kesempatan lain," kata Kadispen TNI AU, Marsma Novyan Samyoga di Studio iNews Center, Kamis (11/7/2018).

Novyan mengatakan pihaknya bisa menyerap ilmu didapat dari diskusi bersama para petinggi MNC Media, sehingga mereka makin piawai menguasai teknik-teknik penyampaian informasi.

 

"Saya sudah punya niatan bahwa Dispen AU itu tidak hanya bergerak di bidang penyiaran informasi, tapi saya juga menuntut kepada para perwira agar mampu melaksanakan perang informasi, karena seperti diketahui teman-teman (MNC) juga terbiasa mampu melaksanakan perang informasi," ungkapnya.

Menurut Novyan, Dispen AU sengaja memilih MNC Media untuk berguru strategi perang informasi karena perusahaan milik Hary Tanoesoedibjo ini merupakan media yang memiliki jaringan terbesar dan terintegrasi di Asia.

"Sebelumnya pernah ada beberapa tawaran untuk mengunjungi beberapa grup news lain, namun masukan yang diterima dari staf bahwa MNC ini terbesar jaringan beritanya. Setelah saya buktikan ternyata benar MNC bukan hanya terbesar di Indonesia bahkan se Asia Tenggara," tuturnya.

Sementara Direktur Pemberitaan MNC Group, Arya Sinulingga mengatakan MNC sudah menerapkan sistem integrasi dalam pemberitaan, sehingga kecepatan dan akurasi merupakan harga mati dalam penyajian berita.

 

"Kami media pertama di Indonesia yang sudah terintegrasi, artinya menyatukan seluruh news di grupnya. Nah ini kita menggabungkan semua terintegrasi sudah empat tahun dimulai dari 2014. Pertama kali terintegrasi, menyatukan semua," bebernya.

"Misalnya kadispen AU dulu mengundang wartawan RCTI, MNC TV, Global TV, iNews. Empat tim. Sekarang enggak, satu kita kirim itu buat semua TV. Enggak hanya TV, kita juga online begitu, kita punya iNews.id, Okezone.com, Sindonews.com, dan radio juga, jadi yang lainnya bisa ke tempat lain, sehingga berita kami lebih kaya (beragam)," tutup Arya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini