Analisis Labfor, Ini Penyebab Ledakan Dahsyat di Ruko Grand Wijaya

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 16:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 338 1921468 analisis-labfor-ini-penyebab-ledakan-dahsyat-di-ruko-grand-wijaya-FtUH5796IS.jpg Lokasi ledakan di ruko Grand Wijaya Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Galih/Antara)

JAKARTA - Kepala Bidang Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri, Kombes Ulung Kanjaya menjelaskan hasil analisa timnya terkait ledakan tabung gas di ruko Grand Wijaya Center, Blok F, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ledakan itu dipastikan akibat kebocoran tabung gas.

Menurut Ulung, pihaknya tidak menemukan ventilasi udara di dapur kantor konsultan properti yang terletak di lantai satu. Akibatnya, saat tabung gas 12 kilogram itu bocor mengendap dan menyebar ke ruangan lainnya.

"Penyebab ledakannya itu adalah akibat kebocoran, itu gas itu akan keluar pertama kali mengisi ruangan dapur yang kecil dan pengap. Kemudan karena runganya tertutup keluar menuju ruangan kantor yang di bawah itu," kata Ulung di lokasi, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

Polisi menduga gas itu bocor di bagian sambungan selang regulator ke kompor gas. Meski begitu, untuk mengetahui secara pasti tim Puslabfor Polri masih perlu mendalami penyebab bocornya gas itu melalui barang bukti yang telah disita di kantor tersebut.

Ledakan di ruko Grand Wijaya Center (Harits/Okezone)

"Penyebab ledakan di sini adalah akibat adanya kebocoran gas bukan dari tabung. Itu dari sistem sambungan antara regulator dengan kompornya atau kompornya itu, nanti kita perdalam di lab," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, ledakan tabung gas itu terjadi pada pagi tadi, sekira Pukul 04.20 WIB. Dentuman yang diduga bom sempat mengegerkan warga setempat, namun setelah petugas kepolisian tiba dan menyisir lokasi ternyata ledakan itu berasal dari tabung gas 12 kilogram.

Setidaknya 11 bangunan rusak akibat terkena ledakan di kantor konsultan properti tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya mengakibatkan dua pedagang kaki lima luka-luka akibat terkena serpihan kaca saat ledakan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini