nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejati Sulsel Tunggu Pelimpahan Berkas Perkara 4 Tersangka Abu Tours

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 02:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 340 1921166 kejati-sulsel-tunggu-pelimpahan-berkas-perkara-4-tersangka-abu-tours-ATy8Ktxcu1.jpg Pengungkapan kasus Abu Tours. (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR – Setelah resmi menetapkan empat orang sebagai tersangka, penyidik Polda Sulawesi Selatan segera melimpahkan berkas perkara kasus dugaan penipuan dan pencucian uang oleh perusahaan perjalanan umrah Abu Tours ke Kejaksaan Tinggi Sulsel.

Dalam kasus ini polisi sudah menahan keempat tersangka. Masing-masing adalah Direktur Utama Abu Tours, Hamzah Mamba; istrinya sekaligus komisaris Nursyahriah Mansyur; komisaris Chaeruddin; dan mantan direktur keuangan Muhammad Kasim.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, dalam waktu dekat ini penyidik akan melakukan pelimpahan berkas perkara keempat tersangka.

"Ya kita harap 'lampu hijau' untuk segera dilimpahkan dan seharusnya proses persidangan segera dimulai," kata Dicky, Rabu 11 Juli 2018.

Kini, lanjut dia, penyidik akan merampung seluruh berkas pemerikaaan sembari mempelajari keterangan puluhan saksi yang diperiksa beserta barang buktinya.

"Baik dari kalangan internal perusahaan maupun eksternal seperti agen dan mitra," tutur Dicky.

Terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Salahuddin menyatakan pihaknya siap menerima pelimpahan berkas perkara atau pelimpahan tahap P21 tersebut.

"Penyidik masih menunggu. Sampai saat ini belum ada," kata Salahuddin ketika dihubungi Okezone.

Ia menjelaskan, apabila berkas perkara tersebut sudah resmi diterima, maka penyidik Kejati Sulsel akan kembali meneliti untuk mencari kelengkapan berkas P21 secara formil maupun secara materil.

"Jika dinyatakan lengkap, maka penyidik akan menyerahkan ke pengadilan untuk menjalani persidangan," terang Salahuddin.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini