Kuliah Sosial Humaniora, Apa Manfaatnya Setelah Lulus Wisuda?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 14:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 65 1921391 kuliah-sosial-humaniora-apa-manfaatnya-setelah-lulus-wisuda-lP9bF3elBL.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Humaniora atau studi tentang budaya manusia, istilah luas ini dapat mencakup berbagai jurusan seperti sejarah seni, antropologi, filsafat, sastra, seni pertunjukan, dan seni visual. Mungkin kalian sering medengar bahwa jika memilih jurusan tersebut kurang bisa meraup banyak uang ataupun memiliki lapangan pekerjaan yang sedikit.

Jangan khawatir Kampus.Okezone akan memberikan beberapa ulasan manfaat kuliah di studi humaniora, seperti dilansir dari laman Her Campus:

1. Keterampilan Komunikasi yang Baik

Conversation Class

Jika kalian memilih jurusan dalam studi ini, kalian akan terus meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan tertulis. Terlebih, kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan cara ringkas dan persuasif akan membantu karir masa depan nanti.

Misalnya jurusan sastra atau lingusitik, kamu tidak hanya belajar bahasa yang sangat berguna untuk berkomuikasi. Akan tetapi juga belajar menganalisis dampak bahasa pada cara orang berpikir, pilihan yang mereka buat, serta pendapat yang mereka miliki

2. Menghargai Berbagai Perspektif yang Berbeda

perpektif berbeda


Di kelas studi humaniora, kalian belajar untuk melihat dunia dari sejumlah sudut pandang selain perspektif kamu sendiri. Keuntungan lainnya, kamu akan mempelajari berbagai budaya, bahasa, dan alat kerja yang mungkin belum pernah dengar dari jurusan lain.

3. Kreativitas Tinggi

 Art Class

Orang-orang humaniora lebih suka menyelesaikan tugas menggunakan media yang disukainya. Baik itu menulis drama, cerita pendek, merekam film, atau membuat patung. Bakat di bidang humaniora membuat tugas-tugas yang kalian kerjakan memiliki nilai kreatifitas tinggi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini