nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciptakan InBank System, Mahasiswa UI Terpilih jadi Juara Pemilihan Mahasiswa Beprestasi 2018

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 19:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 65 1921605 ciptakan-inbank-system-mahasiswa-ui-terpilih-jadi-juara-pemilihan-mahasiswa-beprestasi-2018-3toPpt26Sp.jpg Kampus Universitas Indonesia (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Evita Martha Dewi, berhasil menyabet gelar juara utama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2018. Martha mengalahkan setidaknya 252 peserta dari seluruh universitas di Indonesia.

Dalam ajang tersebut, Martha mengajukan pemikirannya dalam bentuk Karya Ilmiah bertajuk "Strategi Integrasi Lembaga Keuangan untuk Penyaluran Kredit Mikro di Indonesia". Karya ilmiahnya, berkenaan dengan penyaluran kredit mikro atau kredit usaha rakyat untuk UMKM.

Martha menyampaikan, jika penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tengah dijalankan pemerintah kurang efektif karena masih sebatas menyasar usaha menengah saja sedangkan usaha kecil dan masih belum tersentuh faktanya masih banyak pelaku UMKM meminjam dana usaha melalui rentenir.

Baca Juga: Mahasiswa UI Temukan Terapi Alternatif untuk Wanita Pengidap SOPK

Lebih lanjut, Martha menggambarkan pola integrasi antara lembaga keuangan mikro, bank umum, dan juga perusahaan finansial teknologi. Dia menawarkan sebuah model bernama InBank System yang mengintegrasikan lembaga keuangan untuk menyalurkan kredit mikro Indonesia.

"Diharapkan adanya kerjasama untuk bisa mengurangi permasalahan dan biaya lebih efisien serta bisa lebih menyatu dengan UMKM terutama usaha mikro," ujar Martha.

Martha

Ucapan selamat kepada Evita Martha Dewi (Foto: Instgram UI)

Baca Juga: Viral Pemuda Indonesia Pecahkan Rekor Pelari Tercepat, Namanya Lalu Muhammad Zohri

Martha menambahkan bahwa selama ini pemerintah mempunyai potensi tetapi cenderung berjalan sendiri-sendiri sementara akan jauh lebih baik jika turut bekerja sama dengan sektor privat. Selain itu, lanjut dia situasi dari keuangan di Indonesia saat ini terlalu grand.

"Mereka menganggap solusi untuk masyarakat itu satu tanpa melihat karakteristik dari masyarakat UMKM yang tidak mempunyai rekening, karena bank hanya menyerahkan sepenuhnya ke KUR. Jadi, pemerintah diharapkan mempunyai rencana program tidak hanya satu melainkan bisa menyesuaikan dari karakteristik masyarakat Indonesia yang heterogen," papar dia.

Sebagai infromasi, bukan kali ini saja prestasi Martha ditorehkan. Sebelumnya, dia juga menjuarai kompetisi terkait Esai bidang Ekonomi. Seperti juara pertama "The 15th Economix International Paper Competition" dan "Best Delegate President Model United Nations (United Nations Security Council)".

Baca Juga: 6 Mahasiswa UI Raih Penghargaan Dalam Ajang Harvard World MUN

Sementara itu, pengumuman juara Pilmapres Nasional 2018 diadakan di Surakarta, pada 9-12 Juli 2018. Ajang ini setiap tahunnya diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Kali ini, dia mengusung tema, "Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Tinggi serta Berkarakter yang Siap Memasuki Era Revolusi Industri 4.0".  Pilmapres Nasional 2018 diikuti oleh 252 peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi se-Indonesia dan terpilihlah 26 finalis yang terdiri atas 17 mahasiswa berasal dari program Sarjana dan 9 mahasiswa dari program Diploma.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini