Dibutuhkan, Masinis Kereta KAI Perempuan dari Generasi Muda

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 65 1921619 dibutuhkan-masinis-kereta-kai-perempuan-dari-generasi-muda-N6utpv6LUX.jpeg Kunjungan Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro (Foto: Okezone)

JAKARTA – Lulusan sekolah masinis di Indonesia saat ini, saat ini didominasi oleh pria. Hal ini pun diakui langsung oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Edi Sukmoro. Untuk itu, dia berharap terdapat seorang masinis kereta api perempuan bisa hadir di Indonesia.

“Memang peminatnya (sekolah masinis) banyak, tapi saya ingin ada masinis wanita. Karena sampai sekarang belum ada,” tutur Edi, saat berkunjung ke Okezone, Kamis (12/7/2018).

Terlebih PT KAI membutuhkan banyak tenaga para calon pengendali kereta untuk beberapa waktu mendatang. Seperti diketahui, kereta api jalur Trans-Sumatera sedang berlangsung pembangunannya dan direncanakan rampung, pada 2019.

“Ini kan kalau Trans-Sumatera ada, kita membutuhkan lebih banyak. Kita pasti membutuhkan terus,” tegasnya.

KAi

Baca Juga: Gaji Masinis Senggol Rp13 Juta, Ini Bocoran Jalur Sekolahnya dari Bos KAI

Kendati belum ada masinis wanita di kereta KAI, namun sudah ada masinis dari kaum Hawa pada proyek Mass Rappid Transit (MRT). Kehadiran mereka pun mampu menarik perhatian publik. Lengkapnya, sekitar 41 dari masinis MRT, terdapat 6 masinis perempuan yang telah diterima.

Sebagai informasi, pekerjaan sebagai masinis kini menjadi salah satu profesi yang diminati. Selain kebutuhan masinis masih sangat terbuka, gajinya pun bisa lebih dari Rp13 juta. Memiliki tanggung jawab besar, mereka juga harus dibekali ilmu kemasinisan selama setahun. Mereka belajar di sekolah khusus masinis, seperti Balai Pelatihan Teknis Traksi (BPPT) Darman Prasetyo Yogyakarta, Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi.

MRT

Baca Juga: Apa Kabar Pengembangan Iptek di Indonesia?

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini