Selain Serang Situs KPU, Hacker Juga Retas Grup WA Para Komisionernya

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 13:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 266 1921892 selain-serang-situs-kpu-hacker-juga-retas-grup-wa-para-komisionernya-q8fx04zAic.jpeg Komisioner KPU Ilham Saputra (Achmad/Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) ketiban sial. Selain situs resminya dibobol, hacker juga meretas grup WhatsApp (WAG) para punggawa penyelenggara pemilu tersebut hingga hilang. Komisioner KPU, Ilham Syaputra mengatakan kejadian ini baru pertama kali terjadi.

"Hack yang menyerang (KPU) itu luar biasa lho. Sampai WAG hilang. WA hilang kan luar biasa," kata Ilham di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

"Belum pernah sebelumnya seperti ini," sambung mantan Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh itu.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi dan menjaga kerahasian dokumen KPU, Ilham mengatakan pihaknya akan mengevaluasi penguatan informasi teknologi (IT) termasuk upaya penambahan anggaran.

 

"Nanti kita akan bahas lagi. Kita akan coba menganggarkan kembali kira-kira apa saja persoalan-persoalannya. Kita juga melakukan evaluasi terlebih dahulu," bebernya.

Ilham menyebutkan bahwa KPU sudah melaporkan kasus peretasan tersebut ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Cyber Crime Mabes Polri untuk ditindaklanjuti.

"Kami sudah bekerja sama dengan BSSN juga dengan BPPT tentu saja dengan Cyber Crime Polri untuk kemudian antisipasi jika ada orang orang iseng yang hack kita," tutupnya.

(sal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini