nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditahan di Mako Brimob, Habib Novel Heran Ahok Dapat Bebas Bersyarat

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 337 1921723 ditahan-di-mako-brimob-habib-novel-heran-ahok-dapat-bebas-bersyarat-XdOX5xNcam.jpg Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dapat bebas bersyarat. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habib Novel Bamukmin menilai terpidana kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak pantas mendapat bebas bersyarat. Novel menganggap seharusnya Ahok menghabiskan masa hukuman hingga selesai.

Menurut dia, Ahok sudah mendapat keistimewaan sejak divonis hakim dua tahun penjara. Keistimewaan itu adalah Ahok hingga kini mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Seharusnya Ahok dibui di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, namun karena alasan keamanan, ia ditempatkan di Mako Brimob.

(Baca juga: PDIP Sebut Tak Ambil Bebas Bersyarat Itu Khas Ahok)

"Bahwa Ahok seharusnya bebas murni, karena Ahok tidak pernah dipenjara di lapas dan kalau di Mako Brimob itu adalah titipan maka tidak bisa mendapatkan remisi 1 detik pun," jelas Novel kepada Okezone, Jumat (13/7/2018).

Novel merasa heran saat mendengar kabar bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu diberikan bebas bersyarat pada akhir Agustus 2018, meskipun Ahok sendiri menolaknya.

"Sementara ini saja saya dan Tim Hukum Muslim lainnya tidak pernah jelas apakah Ahok merasakan dipenjara di Mako Brimob itu atau tidak," ucapnya.

(Baca juga: Harapan Lulung untuk Ahok yang Bebas Bersyarat Bulan Depan)

Menurut Novel, jika benar mendapat remisi atau bebas bersyarat, Ahok seharusnya berada di lapas, bukan mendekam di Rutan Mako Brimob.

"Kalaupun mau dapat remisi, Ahok harus berada di lapas," tukasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini