Kakek 90 Tahun Tewas dalam Kebakaran yang Menghanguskan Rumahnya

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 02:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 510 1921699 kakek-90-tahun-tewas-dalam-kebakaran-yang-menghanguskan-rumahnya-UyIXstJ3Zw.jpg Lokasi kebakaran rumah di Kulonprogo. (Foto: Kuntadi/Okezone)

KULONPROGO – Musibah kebakaran menghanguskan rumah Harjowiyono (90) di Dusun Kalibayam, Desa Kulur, Kecamatan Temon Kulonprogo, DI Yogyakarta, pada Kamis 12 Juli 2018 sore. Saat api padam, warga dibuat kaget dengan ditemukan jasad pemilik rumah yang sudah hangus terbakar.

Api diketahui membakar rumah korban sekira pukul 15.00 WIB. Warga berusaha memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Namun, "si jago merah" sudah telanjur membesar dan sulit dipadamkan.

Baru setelah mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Kulonprogo diterjunkan, api bisa dipadamkan. Itu pun telah meludeskan rumah korban.

Ketika itulah warga kaget dengan ditemukan jasad korban kaku di pojokan rumah dalam kondisi sudah hangus. "Korban ditemukan di sudut bagian belakang rumah setelah api bisa dipadamkan," jelas Kapolsek Temon Kompol Setyo Heri Purnomo.

Dari hasil pemeriksaan dan keterangan sejumlah saksi, kata Kapolsek, kuat dugaan api berasal dari tungku yang sedang digunakan korban untuk merebus air mandi.

"Mungkin apinya kemudian merembet membakar dinding dan terus membesar," jelasnya.

Melihat tempat korban ditemukan, kata Heri, kemungkinan ada upaya menyelamatkan diri. Sebab, lokasinya berada di pojokan rumah dekat kamar mandi.

Mungkin korban hendak berusaha memadamkan api. Hanya, api sudah telanjut besar dan korban tidak kuasa menanggulanginya.

Setelah berhasil dievakuasi, jasad korban dibawa ke RSUD Wates untuk proses penyelidikan medis.

Cucu korban, Raharjo, mengaku kakek dari istrinya ini tinggal seorang diri. Usianya yang sudah cukup tua menjadikan aktivitas fisiknya sudah tidak maksimal.

Kebutuhan makan ditanggung keluarganya. Bahkan, setiap hari makan dan minum juga diantar.

"Setiap ada waktu senggang, saya selalu mengecek ke sini," ujarnya.

Sebelum kejadian, Raharjo sempat datang ke rumah kakeknya. Saat itu dia datang untuk melihat kondisi kakeknya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini