KPU Tak Akan Perpanjang Waktu Pendaftaran Caleg

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 13 606 1921977 kpu-tak-akan-perpanjang-waktu-pendaftaran-caleg-RMCrexV40x.jpg Komisioner KPU Ilham Saputra (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan memperpanjang pendaftaran calon legislatif (caleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Meski sudah memasuki hari ke-10, belum ada satu pun bakal caleg yang mendaftar.

"Sosialisasi yang kami lakukan sudah cukup masif ya cukup lama. Bahkan, dari 4 Juni lalu kita sudah memberikan kesempatan kepada para caleg dan parpol, hal untuk tetap pendaftaran pada 4 hingga 17 Juli ini," kata Komisioner KPU, Ilham Saputra kepada wartawan di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Jumat (13/7/2018).

 Gedung KPU

Ilham menegaskan, jika pendaftaran caleg diperpanjang, maka akan berimplikasi pada hari yang sudah ditentukan untuk pelaksanaan pemilihan tersebut. Masa pendaftaran caleg sendiri dibuka mulai 4 hingga 17 Juli 2018.

"Tidak mungkin atau tidak ada peluang bahwa kita akan memperpanjang masa pendaftaran ini, kalau diperpanjang ini akan berimplikasi pada pelaksanaan pemilu yang akan datang," tegasnya.

Sebab itu, pihaknya mengimbau seluruh partai politik untuk mengarahkan kadernya agar segera mendaftarkan diri.

"Kami mengimbau kepada seluruh partai politik agar tidak mendaftarkan di hari-hari terkhir karena nanti ketika kami verifikasi berkas masih kurang bisa dengan cepat untuk segera melakukan perbaikan," ucapnya.

Jika di hari terakhir adanya kekurangan dokumen saat diverifikasi, maka akan menjadi persoalan, lantaran tidak ada waktu untuk memperbaikinya. "Khawatir nanti terjadi persoalan ketika mereka tidak mampu memperbaiki hasil verifikasi jika ada kesalahan dan perbaikan sehingga nanti akhirnya jadi persoalan," tutupnya.

Ilustrasi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini