nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Uang Jajan Lebih? Simak 4 Bisnis Bermodalkan Kemauan untuk Mahasiswa

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 65 1921775 ingin-uang-jajan-lebih-simak-4-bisnis-bermodalkan-kemauan-untuk-mahasiswa-NmziK4mza7.jpg Ilustrasi Fotografer (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Tahukah kalian apa kesamaan antara Microsoft, Dell, Napster, dan Facebook? Nah, selain berada di antara perusahaan yang paling besar di dunia dalam seperempat abad terakhir, perusahaan tersebut awalnya dirintis oleh mahasiswa.

Memang pada dasaranya, semua orang tidak bisa secara instan menjadi “the next” Mark Zuckerberg. Namun, memulai bisnis kecil saat kuliah pasti bisa dilakukan semua orang. Tidak perlu modal besar, hanya dengan bakat dan kemauan besar. Kalian juga bisa memulai bahkan di dalam kos-kosan. Apa saja? Nah, di nukil dari laman Enterpreneur, berikut ulasannya:

1. Pembuat Desain Grafis

Kom


Banyak milenial sekarang yang sangat jago dalam hal desain. Hal ini lantaran, banyaknya aplikasi yang mendukung mereka untuk lebih mudah membuat desain. Nah, bisnis dalam bidang ini bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Peluangnya, mungkin banyak dari kakak kelas atau teman-teman kalian yang ingin membuat CV untuk melamar magang ke perusahaan. Lalu, cobalah tawarkan kemampuan desain grafis kalian untuk membuat CV dengan tarif ala mahasiswa. Setelah itu cobalah untuk meng-upload hasil karya ke media sosial. Jika memungkinkan, buatlah akun khusus sebagai jasa pembuat CV atau bahkan kartu nama, banner dan lain-lain.

2. Fotografer

Fotografer

Berkat platform seperi Pinterest, Instagram, Snapchat, dan Facebook. Dunia menjadi lebih terbiasa menggunakan gambar untuk berkomuikasi. Nah, bagi kebanyakan milenial, kebutuhan akan konten visual akan semakin dibutuhkan. Ada rasa dari mereka untuk menggunakan jasa fotografer. Nah, kalian bisa memulai bisnis kecil-kecil dengan menjadi fotografer. Coba dengan membranding sosial media kalian dengan foto-foto yang apik. Kemudian, cobalah menawarkan jasa foto mulai dari teman-teman kelasmu.

3. Make Up Artist (MUA)

 MUA

Menurut data Federal, jumlah perempuan melebihi jumlah laki-laki di perguruan tinggi. Nah, hal ini akan memberikan kesempatan sempurna untuk memulai bisnis kecil yang diarahkan pada demografi perempuan. Menjadi Make Up Artist (MUA) untuk acara wisuda fakultas ataupun wisuda universitas menjadi pilihan yang tepat. Cobalah untuk membeli make-up dan belajar tutorial make up di berbagai video youtube. Terlebih jika kalian memiliki tabungan lebih, bisa memilih kursus yang lebih serius. Sehingga polesan make-up yang kalian buat lebih profesional.

4. Party Planner

 Party Plan

Nah, jika yang satu ini, kalian bisa mengajak teman-teman kos atau geng kalian. Para milenial sekarang memiliki rasa lebih kepada hal yang instagrammable, yaitu banyak hiasan dan terlihat lebih eye catching. Tak terkecuali, untuk perayaan kejutan, seperti valentine atau ulang tahun. Inilah waktunya untuk kalian bisa menjadi party planner dengan mencoba membuat hiasan-hiasan untuk dekor dan memasarkannya di media sosial. Semoga beruntung!

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini