Kalahkan Inggris, Intip Pendidikan di Kroasia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 65 1921844 kalahkan-inggris-intip-pendidikan-di-kroasia-CEHHzToaCI.jpg Pula Arena di Kroasia (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Negara Kroasia, beberapa belakangan ini menjadi bahan perbincangan publik. Setelah menyingkiran Inggris, dan melaju ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Mungkin banyak dari kalian, yang masih asing dengan negara tersebut. Kroasia adalah negara kecil yang memukai di bagian Eropa Tenggara. Terkenal dengan pantai Mediteraneannya yang indah, negara ini juga memperhatikan bidang pendidikan.Kroasia mengeluarkan lebih dari EUR 400 juta selama setahun untuk penelitian. Kemudian, negara ini juga memiliki pendidikan gratis untuk para pelajar sampai usia 18 tahun.

Baca Juga: Berencana Kuliah di Inggris? Visa Pelajar Indonesia Kini Dipermudah

Meskipun hanya memiliki populasi penduduk kecil, atau sekitar 4,1 juta jiwa. Kroasia memiliki beberapa universitas, perguruan tinggi, sekolah kedokteran, sekolah teknik, dan sekolah hukum sangat dihormati dan terkenal di komunitas pendidikan dan akademik. Bahkan, mereka terus menawarkan program Sarjana, Master, dan Ph.D yang bergengsi untuk para pengemban ilmu.

Merditeranean

Baca Juga: Tips Memilih Negara Tujuan Studi di Luar Negeri

Lebih lanjut, serupa dengan Indonesia, program sarjana di Kroasia memakan waktu selama tiga hingga empat tahun. Setelah selesai, mahasiswa dianugerahi gelar akademis sarjana (prvostupnik) dengan referensi untuk spesialisasi. Kemudian, studi pascasarjana universitas biasanya berlangsung selama satu hingga dua tahun. Setelah menyelesaikan kedua studi sarjana dan pascasarjana, siswa dianugerahi gelar akademik Master (magistar struke) dengan referensi untuk spesialisasi. Studi pascasarjana biasanya dibagi menjadi studi spesialis dan doktoral.

Melansir Master Portals, Kroasia memiliki 2 universitas terbaik, di antaranya:

1. Universitas Zagreb

 Zagreb

Baca Juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini Deretan Pilihan Kota Terbaik (1)

Universitas Zagreb merupakan kampus tertua di Kroasia dan juga kampus tertua di Eropa Tenggara. Universitas ini secara resmi didirikan 23 September 1669 oleh Kaisar dan Raja Leopold I Habsburg. Universitas ini memiliki misi, yang didasarkan pada penelitian ilmiah dan artistik. Bertujuan pada pengembangan berkelanjutan, kreativitas artistik kerja profesional, organisasi, kinerja studi universitas, dan studi kerja. Dia memiliki setidaknya 30 fakultas, diantaranya Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kinesiologi, Fakultas Hukum, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Split

 Split

Baca Juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini Deretan Pilihan Kota Terbaik (2-Habis)

Universitas Split secara resmi didirikan pada 15 Juni 1974, yang memiliki 13 fakultas dan 124 program fakultas. Diantaranya, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Sains, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teologi Katolik, Fakultas Studi Maritim, dan banyak lagi. Pada 2009, total sekitar 40.000 siswa telah lulus, dan total 337 gelar doktor telah diberikan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini