Berada di Peringkat 8, Universitas Brawijaya Buru jadi Universitas Terbaik di Indonesia

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 12:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 65 1921854 berada-di-peringkat-8-universitas-brawijaya-buru-jadi-universitas-terbaik-di-indonesia-g8WbjWWnTX.jpg Universitas Brawijaya Malang (Foto: dok UB)

MALANG – Berada di peringkat 8, Universitas Brawijaya (UB) Malang berupaya memantapkan diri sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Tanah Air, yakni peringkat lima.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Rektor UB Prof Dr Nuhfil Hanani, mengatakan jika berbagai upaya telah dilakukan. Di antaranya percepatan guru besar guna memenuhi kuota ideal atau standar 40 persen dari jumlah seluruh dosen yang ada.

Dari sekitar 2.000 dosen di UB, lanjut dia, baru 144 orang yang berstatus sebagai guru besar.

"Oleh karena itu,kami akan mengupayakan dosen-dosen yang sudah memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi guru besar," tutur dia.

Kemudian, pihaknya juga telah melakukan percepatan jumlah guru besar dan doktor . Serta mengembangkan pendidikan program studi berstandar interansional dan terakreditasi internasional. Dengan cara menerima dan membuka kelas mahasiswa asing.

UB

Baca Juga: Universitas Brawijaya Adakan Seminar Internasional Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah

Menurut Nuhfil, saat ini ada 16 program studi di UB yang berstandar dan bersertifikasi interansional, di antaranya ada beberapa di Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dia mengakui masih bertenggernya UB di peringkat delapan PTN terkemuka di Tanah Air disebabkan banyaknya program studi baru yang belum terakreditasi A serta minimnya jumlah guru besar yang belum memenuhi standar ideal yang ditetapkan.

"Meskipun banyak prestasi yang ditorehkan UB, baik melalui dosen maupun mahasiswa yang melakukan penelitian dan penemuan-penemuan teknologi baru yang mengantarkan mereka meraih medali, masih ada beberapa item yang belum mampu mengangkat performa UB dalam pemeringkatan PTN," katanya.

Baca Juga: Rektor Universitas Brawijaya Terpilih Siap Datangkan Dosen Asing untuk Kelas Internasional

Dalam proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, UB menjadi PTN dengan jumlah peminat paling banyak. Bahkan UB juga mendapatkan mandat dari Menristekdikti agar UB menjadi universitas kelas dunia dan diperhitungkan di pentas dunia.

"Yang pasti saat ini kami terus mengupayakan agar UB bisa naik rangkingnya menjadi lima besar dalam pemeringkatan PTN secara nasional," pungkasnya.

Baca Juga: Cloudia Bestari, Mahasiswa UB yang Jadi Finalis Miss Indonesia 2018

Sebagai informasi, berikut 14 PTN terbaik (klaster I) kelompok non-politeknik versi Kemenristekdikti 2017:

1. Universitas Gajah Mada

2. Institut Teknologi Bandung

3. Institut Pertanian Bogor

4. Universitas Indonesia

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

6. Universitas Diponegoro

7. Universitas Airlangga

8. Universitas Brawijaya

9. Universitas Hasanuddin

10. Universitas Negeri Yogyakarta

11. Universitas Sebelas Maret 

12. Universitas Andalas

13. Universitas Pendidikan Indonesia

14. Universitas Padjadjaran

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini