nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru Hadapi Masa Transisi dari SMA

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 65 1922143 ini-yang-harus-dilakukan-mahasiswa-baru-hadapi-masa-transisi-dari-sma-Rn19rPceXv.jpg Psikologi Vera Itabiliana Hadiwidjojo (Foto: dok pribadi)

JAKARTA – Sebagai mahasiswa baru, mungkin banyak dari kalian yang bingung untuk mulai beradaptasi dengan dunia kampus. Sebelum benar-benar terjun ke dunia perkuliahan, cobalah mulai untuk menyiapkan diri dengan baik untuk menghadapi masa transisi dari SMA ke kuliah.

Seorang psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengungkapkan jika berkomunikasi dengan orang yang lebih berpengalaman adalah langkah yang paling tepat. Hal ini baik bagi mereka untuk mengetahui dan mencoba belajar mengenali bagaimana kehidupan di kampus.

“Bisa tanya-tanya ke kakak atau kenalan yang sudah kuliah, untuk tahu apa saja yang dihadapi sehingga lebih siap,” tutur perempuan 43 tahun tersebut, saat dihubungi Okezone, Sabtu (14/7/2018)

Terlebih, ibu dua anak itu menambahkan jika para mahasiswa baru perlu memanfaatkan dengan baik masa orientasi di kampusnya.

‘’Ikutilah masa orientasi ini dengan seksama,” ungkap dia.

Mahasiswa

Bukannya alih-alih merasa hal itu tidak penting dan mengabaikannya. Hal ini baik untuk mereka mengetahui langsung kehidupan kampus dari senior atau mentornya (saat ospek). Terlebih, ia mengatakan masa kuliah memang teramat berbeda dengan masa SMA.

“Yang pasti, di dunia kuliah, seseorang diharapkan dapat lebih mandiri dan proaktif, tidak lagi menunggu dilayani kebutuhannya,” tuturnya.

Sementara itu, menemukan titik kenyamanan memang berbeda setiap orang. Jika, para mahasiswa baru masih belum menemukan titik nyaman saat menjadi mahasiswa. Vera mengatakan jika itu merupakan hal yang wajar. Namun, yang pasti menjalin pertemanan dengan sesama mahasiswa baru menjadi pilihan tepat. Terpenting, jangan terlalu memaksakan diri untuk membaur.

“Santai dan jadi diri sendiri saja itu cukup, “ pungkas Vera.

good luck

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini