nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panggilan Kerja Tidak Sesuai, Ini 7 Tips Menolak Penawaran Kerja

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 65 1922169 panggilan-kerja-tidak-sesuai-ini-7-tips-menolak-penawaran-kerja-qHUrg502uX.jpg Ilustrasi wawancara kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bagi kamu fresh graduate pasti sedang semangat-semangatnya melamar pekerjaan. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi ataupun website untuk melamar pekerjaan secara online. Hal ini tentu mempermudah kamu melamar pekerjaan dengan cepat, yang bahkan bisa membuat kamu kalap.

Setelah melamar pekerjaan demi pekerjaan yang ditawarkan, akhirnya kamu berhasil mendapatkan penawaran kerja dan dipanggil untuk panggilan interview ataupun psikotes.

 Namun, tiba-tiba kamu menyadari bahwa pekerjaan itu tidak tepat untukmu atau mungkin kamu memilih penawaran kerja yang lain atau bahkan pekerjaan itu tidak terkait dengan tujuan karier-mu. Lantas kamu bingung dengan cara seperti apa untuk menolak tawaran tersebut. Nah, dilansir dari Career Addict, berikut tips menolak penawaran kerja secara halus dan baik, Sabtu (14/7/2018):

1. Jangan Menunda-nunda

time

Setelah kamu membuat keputusan dan yakin 100 persen ingin menolak tawaran tersebut, penting untuk tidak membuang-buang waktu. Cobalah memberi tahu manajer perekrutan segera mungkin. Waktu mereka adalah uang dan jika kamu menunda-nunda terlalu lama, nama kamu akan dicoreng dalam daftar hitam karena tidak datang pada panggilan interview.

2. Keep It Simple

Keep it simple

Kamu tidak perlu berlebihan dan membuat surat penolakan yang super emosional ataupun menulis surat sampai berlembar-lembar. Namun, cobalah untuk lebih santai, bersikaplah sopan dan rangkai kata-katanya dengan baik.

Baca Juga: Lulus Kuliah, Langsung Kerja atau Lanjut S-2 Ya?

3. Tunjukan Apresiasimu

Apresiasi


Catatan penting untuk berterima kasih kepada manajer perekrutan yang memberi kamu kesempatan melakukan proses wawancara. Jika kamu merasa pewawancara itu baik, cobalah memberikan apresiasi secara alami untuk manajer perekrutan ataupun perusahaan tersebut.

Kamu bisa berterima kasih kepada mereka untuk sesuatu yang spesifik. Misalnya, jika kamu ragu-ragu dengan pekerjaanmu nanti dan mengajukan banyak pertanyaan untuk sampai pada kesimpulanmu. Dan kamu harus benar-benar menghargai waktu yang mereka habiskan untuk menjelaskan peran pekerjaan secara detail kepadamu.

4. Berikan Penjelasan

jujur

Dari beberapa poin tadi, kamu mungkin perlu memberikan penjelasan kenapa kamu menolak pekerjaan tersebut dan merasa bahwa peran yang ditawarkan tidak cocok untukmu. Nah, coba jelaskan dengan baik dan detail jangan langsung menyebutkan bahwa kamu tidak menyukai budaya perusahaan atau manajer perekrutan.

Akan tetapi kamu harus mengatakan dengan sopan, singkat tetapi jujur. Misalnya, jika alasannya adalah karena gaji yang mereka tawarkan terlalu rendah untuk kebutuhan keuanganmu atau mungkin perannya tidak seperti yang kamu harapkan, atau kamu telah ditawari posisi yang lebih sesuai yang lebih selaras dengan tujuan karirmu. Semua harus dikatakan dengan jujur dan sopan.

5. Usulkan untuk Tetap Berhubungan

wawancara

Jika saat wawancara kamu merasa mudah akrab dengan manajer perekrutan, namun peran pekerjaan tidak cocok untukmu. Mengusulkan untuk tetap berhubungan dengan mereka adalah pilihan tepat. Biarkan pintu tetap terbuka dengan memberi tahu bahwa kamu masih tertarik dengan perusahaan jika peran yang ditawarkan lebih sesuai muncul.

6. Telepon

phone

Kiat-kiat berikut akan membantu Anda menyampaikan berita dengan sopan melalui telepon dan email. Pertama melalui telepon, coba hubungi pada waktu yang tepat. Memilih waktu yang tepat untuk menelepon adalah langkah pertama yang penting dalam proses ini. Ada baiknya untuk menelepon sebelum makan siang atau pada akhir hari ketika manajer perekrutan akan lebih santai dan memiliki waktu untuk berbicara denganmu.

Sebelum kamu menyampaikan penolakan, pastikan untuk mengucapkan terima kasih kepada manajer perekrutan atas waktu dan tawaran mereka. Kemudian jelaskan bahwa kamu tidak akan menerima pekerjaan itu, kemungkinan besar kamu akan ditanyai beberapa pertanyaan mengapa. Jujurlah dalam menjawab tanpa bersikap kasar atau menyinggung perusahaan.

Baca Juga: Mengalami 4 Hal ini? Fix, Kamu Salah Pilih Kerja!

7. Kirim Email

email

Kedua contoh surat yang dikirimkan melalui email:

Kepada manajer perekrutan,

Terima kasih banyak atas tawaran murah hati untuk bergabung dengan tim Anda. Seperti yang telah dibahas, saya adalah penggemar besar perusahaan Anda dan pengikut produknya. Namun, setelah dipertimbangkan lebih lanjut, saya merasa peran ini tidak akan selaras dengan tujuan karier saya saat ini.

Best Regard,

[Nama]

Nah, itulah beberapa tips yang mugkin bisa kamu coba. Jadi, jangan bingung lagi untuk menolak penawaran kerja yang tidak sesuai karier masa depanmu dengan halus.

good luck

Baca Juga: Seluruh Dunia Mencari 5 Pekerjaan Ini, Apa Saja?

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini